Sep 072009
 

bus-ampibi-00-biru
Lah, itu judulnya kok seperti pepatah naik perahu? Bukan. Naik bis? Bukan juga. Jadi apa dong? Dua-duanya. Perahu iya, bis iya. Berlayar oke, ngebut di jalan juga bisa. Boleh juga kalau mau disebut bis air. Mungkin sudah ada yang pernah mengetahui sebuah kendaraan ampibi, bis yang namanya Amphicoach amphibious bus. Kalau saya sih baru tahu :mrgreen:

Bis ini merupakan kendaraan ampibi komersial pertama di dunia yang bisa dipergunakan untuk mengangkut penumpang, layaknya sebuah bis atau juga kapal laut. Di darat, berjalan di atas empat buah roda, sedangkan ketika berada di air, roda tersebut dimasukkan ke dalam lambung bus (seperti kapal) dan mengapunglah bis tersebut.

Bis yang pertama kali dibuat di Malta, Eropa, ini tergolong bis mewah. Tapi tergantung modelnya juga, ada yang model standar, lux, dan open top. Fitur-fitur bis ampibi yang bisa menampung 50 orang penumpang ini antara lain adalah:

  • Perlengkapan standar layar LCD, pemutar DVD, bagasi, toilet, AC dan penghangat ruangan.
  • ABS ventilated disc brakes, perlengkapan elektrik dan elektronik canggih.
  • Sistem navigasi lengkap antara lain reversing camera untuk penglihatan ke segala arah, sistem komunikasi pilot real time, lampu navigasi, dan pendeteksi kedalaman perairan.
  • GPS sesuai permintaan, bahkan bisa dilengkapi dengan AutoPilot. Wow…!
  • Perlengkapan keselamatan lengkap seperti medical kit, jaket pelampung, bahkan sekoci.
  • Kualitas mesin sesuai standar Euro 5 bertenaga jet.
  • Lambung dan bodi menggunakan bahan 6mm Marine Grade Aluminium (standar angkatan laut) yang ringan namun kuat, anti karat, dan tidak bakal bocor.
  • Laju kecepatan bisa mencapai 20 knot di atas air dan 70 mph di darat.

Canggih?

Ya udah, yuk kita coba, tur keliling. Lihat gambar dan video maksudnya :mrgreen:

*

ayo, absen dulu, jangan ada yang ketinggalan...

ayo, absen dulu, jangan ada yang ketinggalan...

*

mulai masuk air, byur...

mulai masuk air, byur...

*

basah deh...

basah deh... btw, ada saya tuh di situ, keliatan gak? :lol:

*

ya, selamat berlayar, hati-hati ya...

ya, selamat berlayar, hati-hati ya...

*

weh, udah berlayar tuh...

weh, udah berlayar tuh...

*

wuiii asiiik, keliling dulu di air...

wuiii asiiik, keliling dulu di air...

*

udah puas? balik kita?

udah puas? balik kita?

*

udah yuk, kita balik

udah yuk, kita balik

*

liat nih, lebih ganteng mana, kenek sama bisnya? xixixi...

liat nih, lebih ganteng mana, kenek sama bisnya? xixixi...

*

sampe deh balik ke darat

sampe deh balik ke darat

*

liat dari belakang, jangan-jangan ada yang nebeng :D

liat dari belakang, jangan-jangan ada yang nebeng :D

*

udah sampe, turun... turun...

udah sampe, turun... turun...

*

ok deh, tengkyu ya...

ok deh, tengkyu ya...

*

Gimana, udah coba ‘kan? Asik nggak berlayar naik bis? :mrgreen:

*

lihat dalamnya... siapa tau ada yang ngumpet :P

lihat dalamnya... siapa tau ada yang ngumpet :P

*

wah, atasnya dicopot, jadi perahu beneran deh...

wah, atasnya dicopot, jadi perahu beneran deh...

*

ini sketsa rancangannya

ini sketsa rancangannya

*

Kebetulan tadi sempat rekam video turnya, nih hasilnya :mrgreen:

*

*

Yah, sudah cukup tur naik bis air untuk hari ini. Loh kok jadi ngomongin tur sih…? :mrgreen:

*

Komunitas Penggemar Bis


bmc-logo

O ya, ngomong-ngomong tentang bis, mungkin ada yang belum tahu, ada sekelompok orang yang menggemari bis, mereka bergabung dalam sebuah komunitas yang namanya BisMania Community (Komunitas Penggemar Bis Indonesia) atau disingkat BMC.

Silahkan kunjungi situsnya di http://bismania.org. Isinya macam-macam, dari info bis, cerita perjalanan, jadwal dan harga, sampai lowongan kerja. Apalagi saat mendekati lebaran seperti sekarang ini, musimnya mudik. Enaknya mudik bareng-bareng, apalagi kalau bisa dapat ongkos lebih murah. 😀

Kalau mudik menggunakan bis ampibi seperti Amphicoach, sepertinya lebih asik yak?

Tarik Maaang…!

.

  • i

  23 Responses to “Sekali Naik Bis Ampibi, Dua Tiga Pulau Terlampaui”

  1. wah keren baget tuh semoga bisa diwujudkan di indonesia kita tercinta.amien

  2. wow… sangat menarik sekali, coba ada diIndonesia juga..
    Salam kenal

  3. lah itu dimana bro?
    wah asik keknya

  4. Di Indonesia ada, gak, ya?. Padahal cocok buanget dengan geografi Indonesia yang banyak laut, sungai dan danau.

  5. kapan di Indonesia ada?

  6. lama2 ada mobil terbang juga neh 😀

  7. Hehehe… Keren bisnya… keneknya ga kenal… 😀
    btw kuat engga yah nyebrangin pulau?… yah minimal dari merak ke bakauni?… Dari judulnya sih kayaknya bisa berlayar sampe jayapura… 😆

  8. Emang mantep nih mobil….sapa tau besok kite punya. Berdoa

    mampir ke blog kami

  9. wuiiiihhh… kereeenzz abizzz
    pengen liat aslinya kayak gimana..
    makasi infonya.. 😎

  10. He…he…keren banget ya ? manteb boz…. :)

  11. woww… keren banget tuh, bisa didarat dan laut, coba kalo bisa terbang juga, lengkap deh.. wkakakkakaa

  12. kayaknya bagus kalau dibuat di Indonesia ya, terutama di daerah pulau2 untuk jarak dekat saja.
    Thanks infonya
    salam hangat dari Surabaya

  13. mau tanya mas… ongkosnya berapa?

  14. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllll

  15. Cocok juga untuk dipakai di Indonesia pas waktu musim banjir 😀

  16. gilaaa…aseli keren. jadi terkagum2 ngeliatnya
    kalo di indonesia di supply, gak perlu capek2 bikin jembatan panjag tuh ha ha ha

  17. ajibgilee demen deh kek ginian .. bis rasa baru pengen bgt bisa cobain 😉

  18. creative……

  19. creative… 😛

  20. wiccccchhhhhhhhhh…………asyik bner lw ndk indo jg da bis kyak gtu,bwt siap siap lw da tsunami lg
    kn jd aman……………

 Leave a Reply

(required)

(required)


9 − eight =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

zStickyBar Widget by inimu.com