Apr 222010
 

Seperti diberitakan, Rieke Diah Pitaloka atau yang lebih dikenal dengan panggilan Oneng, seorang artis yang kini jadi anggota DPR ini menurut pengakuannya pernah mendapat pelecehan seksual oleh seorang dokter di Makassar. Rieke pun membawa kasus yang dialaminya tersebut ke jalur hukum.

Ternyata setelah dilaporkan, kasus itu menurutnya tidak terlalu diperhatikan atau mendem aka tidak ada keseriusan tindak lanjutnya, dan si “Oneng” pun kecewa.

*

Mmm…

Saya sih nggak ngefans sama Oneng, dan kurang suka nontonΒ  acaranya Oneng di tipi, atau bersimpati sama partainya. Tapi mungkin yang namanya pelanggaran hukum apa pun termasuk kasus pelecehan seksual, seharusnya memang diusut tuntas. Walau pun ini terkesan hanya seperti kasus pribadi, dimana sebagian orang menilai Rieke hanya bersemangat atau ngotot karena dia sendiri yang mengalaminya, tentunya proses hukumnya tetap dilakukan.

Mungkin memang harus seperti itu kejadiannya, orang-orang ngetop seperti selebriti atau tokoh politik/masyarakat harus mengalaminya sendiri, sehingga sebuah kasus bisa muncul ke permukaan. Lain kalau kasusnya dialami orang biasa-biasa, yang biasanya cenderung tak ada yang bersuara, nyaris tak terdengar… πŸ˜†

*

Rieke Diah Gemes Pelecehan Seks Yang Dilaporkannya Mendem
Adhie Ichsan – detikhot

Reike "Oneng" Diah Pitaloka

Jakarta – Masih ingat kasus pelecehan seksual yang dilaporkan Rieke Diah Pitaloka? Kasus itu seakan kini tenggelam. Rieke sebenarnya tidak mencabut laporan tersebut. Ia pun geregetan kasus yang dilaporkannya itu kurang diperhatikan.

“Saya terus saja, tidak mencabut laporan, ada pengacara saya yang mengurus,” kata Rieke saat ditemui di New Museum, Jalan Veteran 1, Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2010) malam.

Perempuan yang kini menjadi anggota DPR itu punya alasan yang kuat melaporkan pelecehan seksual yang dialaminya. Ia punya tujuan agar perlindungan terhadap perempuan lebih diperhatikan.

“Ini bukan masalah karena saya anggota dewan. Tapi saya mencoba beranalogi, saya aja yang anggota dewan dilecehkan di ruang publik, bagaimana perempuan-perempuan lain yang naik angkutan umum, pasti banyak terjadi pelecehan seperti itu?” kritiknya.

Tapi kini Rieke lebih berhati-hati mengangkat perkembangan kasus pelecehan yang dialaminya ke publik. Ia tidak ingin kerja politiknya terganggu.

“Saya nggak mau persoalan itu terangkat ke publik karena takut kerja politik saya tertutup. Saya nggak mau terjebak persoalan pribadi semata,” katanya.

Kok kasusnya seakan tenggelam? Istri dosen filsafat Universitas Indonesia Donny Gahral Adian itu berpendapat ada yang salah dengan penegakan hukum kita. Baginya, pelecehan seksual bukan hanya urusan perempuan. “Kalau kasusnya mendem di laci berarti ada yang salah dengan sistemnya,” katanya.

Ia pun geregetan hukum bisa dengan segera memproses kasus pencurian kecil dibandingkan kasus hukum besar seperti makelar kasus. “Kenapa markus pajak susah sekali ditangkap sedangkan ada ibu-ibu nyuri cokelat cepat banget dikasih hukuman?” gugatnya.

*

Ada yang pernah ingin mengalami kasus serupa ❓ ❓ ❓

.

  • i

  4 Responses to “Ada Yang Gemes Soal Pelecehan Seksual”

  1. Hallo kawan… pindah kesini ya.. kalo saya ngeblog bebas enak di wordpress.com (endangkusman.wordpress.com), tiap tahun gga peke mikir bayar domain dan hosting. Tapi beberapa blog bayar semuanya saya rancang sebagai blog spesifik agar menghasilkan. Saya sempat mencoba ngeblog bebas dengan blog berbayar, pasang comment dengan paket hosting 100 MB cepet penuh, sering nambah bandwidth, susaah untuk bisa menghasilkan karena blog campuran maka traffiknyapun campuur aduk.
    Ok. semoga sukses ! πŸ‘Ώ

  2. AnakBangsa telah kembali,, setelah terlelap sekian waktu lamanya.. Mohon dimaafkan atas absennya AnakBangsa..

    Selamat hari senin Juragan..
    Semoga apa yang Juragan alami pada hari senin ini membawa kebahagiaan dalam hidup Juragan..

    Salam AnakBangsa..
    Salam Perubahan..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2010/04/30/peraturan-sederhana-hidup-bahagia/

  3. Hukum seharusnya melindungi hak-hak warga negara

  4. HUKUM DIINDONESIA SEPERTI HUKUM GAME GTA SIAPA YANG PUNYA DUIT BANYAK DIALAH YANG BEBAS DAN SEBALIKNYA ORANG KECIL DITAHAN SEBERAT BERATNYA HUKUM HANYA DIMILKI ORANG BERDUIT 😑 😯

 Leave a Reply

(required)

(required)


9 − = eight

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

zStickyBar Widget by inimu.com