Sep 052010
 

stephen-hawking.jpgBaru-baru ini, Stephen Hawking, seorang ilmuwan terkenal asal Inggris, bilang, “There is no place for God in theories on the creation of the Universe”, begitu katanya seperti dikutip dari BBC. Atau terjemahan bebasnya kira-kira seperti ini: “Tak ada keterlibatan Tuhan dalam teori penciptaan alam semesta.”

Kalimat si Profesor Hawking itu cukup menghenyak banyak pihak, walau pun sebenarnya dia sebelumnya juga sering menyampaikan pernyataan-pernyataan senada seperti itu.

Kalimat Hawking bisa didengar atau diinterpretasikan berbeda oleh setiap orang, tergantung keyakinan yang dipegangnya. Misalnya seperti ini.

*

Orang atheist mendengarnya seakan-akan Hawking bilang begini: “Tuhan itu tidak ada dan saya bisa membuktikannya.”

Orang komunis mendengarnya seakan-akan Hawking bilang begini: “Saya tidak percaya Tuhan, tapi tolong bilang ke semua orang bahwa pendapat saya itu salah.”

Orang beragama mendengarnya seakan-akan Hawking bilang begini: “Kita tidak membutuhkan tempat ibadah untuk membuktikan sesuatu.”

Orang bimbang mendengarnya seakan-akan Hawking bilang begini: “Sudah saya bilang, Tuhan itu tidak ada.”

Ahli psikologi mendengarnya seakan-akan Hawking bilang begini: “Sudah jadi kebutuhan dasar manusia untuk selalu mencari jawaban atas pertanyaan ‘mengapa’, dan jawabannya ‘ya begitulah’.”

Orang skeptis (masa bodoh) mendengarnya seakan-akan Hawking bilang begini: “Belilah buku baru saya.”

Orang bingung mendengarnya seakan-akan Hawking bilang begini: “Ngerti nggak?”

*

Begitulah, interpretasi seseorang terhadap sebuah kalimat yang diucapkan orang lain bisa berbeda-beda, tergantung latar belakang orang itu. Sori kalo salah, tak ada maksud menyinggung orang/golongan tertentu. Cuma sekedar posting 😀

BTW, kalo saya sendiri mendengarnya seperti apa? Kalo saya, mendengarnya seakan-akan Hawking bilang begini: “Tak ada keterlibatan Tuhan dalam teori penciptaan alam semesta.”

Jah, itu sih sama dengan terjemahan di atas tadi? Lah iya, orang saya yang ngetik ko :mrgreen:

.

  • i

  8 Responses to “Stephen Hawking, Teori Penciptaan, Tuhan, dan Interpretasi Orang-orang”

  1. linknya udah aku pasang sob, silakan di cek,, thx

  2. step hawking pak hoking…… ilmuwan cacat belakang meja ini dari dulu gak abis2 ngeyel tentang tuhan….. apan sih??? kaya dia bisa buktiin aja omongnnya… 8)

    step anda lagaknya kaga sadar diri udah cacat aja juga masih nentang nanya ada tuhan apa kaga? pala udah tengleng gitu, lumpuh, lidah pelo, trus kalo nulis aja diketikin ama asisten anda lagi…. 😆

    orang yang kaya gini mao gw pecaya????? whatttttt???!!!!! 😆

    pak hoking, buktinya apa?? apa anda udah neliti kalo tuhan itu gak ada??

    pak hoking, anda duduknya aja di korsi roda, kmana2 dianter, nengok susah, ngomong pelo, trus pemikiran anda aja ditulisin ma asisten anda sendiri…. :roll:

    bagemana mungkin anda bisa membuktikan omongan anda…. bagaimana mungkin anda melakukan penelitian???? kondisi anda aja kayak gitu!!!!! 😆

    kalo pemikiran mah bukan anda ja pak hking, siapa aja juga boleh ngungkapin…. cuma kalo ngeliat kondisi bapak, orang juga males kalo harus konfrontir pemikiran ama bapak hoking…. lah gimana enggak…. liat aja kondisinya bikin org g tega ngeliatnya…. 😯

    • udah sob…..gak usah segitunya ma org, biar gitu dia juga sama kyak kita yaitu manusia ciptaan tuhan, tentunya ada kelebihan dan kekurangan yg tuhan berikan pada hambanya…so biarkan aja dy dengan segala akal pikirannya mau mikir kayak apa….
      yg bgi kita adalah ambil hikmahnya aja atas semua kejadian2 sprti itu,,,,, emang lo mau dibikin kayak gitu ma tuhan????? 8)

  3. kl menurut saya pribadi “TUHAN”itu ada karena ada nya manusia … dan saya bisa memberikan gambaran tentang bantahan saya yakni : coba kalau menurut anda yg beragama “TUHAN”itu menciptakan semua makhluk didunia ini bkn begitu??? terus kalau yg namanya “TUHAN”tidak menciptakan manusia dan tuhan itu dari mana ya sob??? coba yg nama nya”TUHAN”hanya menciptakan dunia tanpa ada nya “ADAM&HAWA” jadi mana ada yg nama nya”TUHAN” SOB. ma’af kalau saya menyinggung anda2 yg merasa tersinggung dengan keyakinan saya ini….& saya dukung stephen hawking lanjutkan bantahan anda jgn menyerah kalau menurut anda itu benar dan bisa membantah nya…………… 😀 😀 jadi selama ini saya jg mempertanyakan keexistan “TUHAN’terus terang saya meragukan yg nama nya “TUHAN”tetapi saya bantah karena saya punya alasan sendiri…

    • wah,,,wah oke jg pikiran anda, tp menurut saya anda msh dlm pencarian jati diri ( tentunya mslh ketuhanan ) ya…moga aja anda cepat mendapatkan semua itu, ” ada rahasia dibalik rahasia ” kata ini adalah pemahaman ilmu tingkat tinggi (dlm ISLAM)… 8)

  4. buat bpk.Stephen Hawking di inggris…….ya deh pak up to you aja, saya rasa anda intinya masih protes dan gak terima terhadap takdir anda hidup didunia ini, yg jelas ” jadikan sabar dan khusyuk sebagai penolongmu” (dlm ISLAM) 😀

  5. Kayaknya pak de hawking lagi galau deh…:)
    makanya cari dulu ilmu agama biar gak galau masbro!!!

 Leave a Reply

(required)

(required)


6 + = fifteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

zStickyBar Widget by inimu.com