Sep 202011
 

Buat kamu yang belum pernah terbang di luar angkasa keliling dunia seperti Superman (emangnya saya pernah? huehueeee… :lol:), mungkin video ini bisa menggambarkan bagaimana rasanya mengorbit planet bumi. Berikut ini video gambar perjalanan tur luar angkasa selama selang waktu yang diambil dari bagian depan Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station / ISS) ketika mengorbit […]

Mar 142010
 

Buat orang sibuk, apa lagi yang sibuk mengejar ambisi tertentu, rasanya waktu yang ada itu nggak akan pernah cukup. Maunya, sehari itu lebih dari 24 jam. Bagus sih, itu tandanya penuh semangat. Tapi jangan lupa dong sama haknya badan sendiri, yang perlu istirahat, salah satunya dengan tidur. Ngomongin tentang tidur, selama ini mungkin banyak orang […]

Dec 032009
 

Jepang memang biangnya inovasi teknologi alat elektronik, apa lagi yang berbau-bau robot. Dan, ini contoh terbaru inovasi buatan Jepang, sebuah sepeda listrik beroda satu (‘mechtronic’ unicycle) unik yang diberi nama U3-X (ada juga yang menamakannya UX-3). Apa yang menarik dari ‘mainan’ baru buatan Honda ini? Yang pertama, tentu saja adalah rodanya yang cuma satu. Tapi […]

Oct 042009
 

Ada sebuah bagian berita gempa baru-baru ini di Padang yang saat ini sedang ramai diberitakan, yaitu runtuhnya bangunan sebuah hotel mewah bernama Hotel Ambacang. Maklum, ambruknya hotel ini menyebabkan sekian banyak orang mendadak kehilangan anggota keluarganya yang meninggal dunia di sana. Semoga para korban meninggal diberikan kedamaian dalam peristirahatan terakhirnya dan keluarganya cukup tabah menghadapinya. Amin.

Dari kejadian ini, dan kejadian-kejadian gempa lainnya, ada salah satu hal yang selalu mengusik kita dalam kaitannya dengan bangunan/gedung di daerah gempa. Yaitu, bisa nggak sih sebuah bangunan itu dibuat benar-benar tahan gempa (besar) seperti yang terjadi di Padang itu…?

Ternyata, baru-baru ini peneliti telah berhasil membuat desain sebuah sistem struktur baru untuk gedung tahan gempa yang bahkan diyakini mampu bertahan saat gempa berkekuatan besar sekalipun.

Wow, ini dia…! 😀

Sep 292009
 

Pernah luka? Pasti pernah dong ya. Berapa lama luka itu sembuh? Misalnya kita jatuh, terus kulit kita luka. Kita obati, kasih obat merah, plester, dan lain-lain. Berapa lama sembuhnya? Mungkin nggak terlalu lama, beberapa hari sembuh. Bagaimana kalau yang luka itu organ vital yang ada ditubuh kita, misalnya jantung? Wah, berat tuh, mungkin susah sembuh. Malah bisa menyebabkan kematian.

Tapi menurut seorang ilmuwan, nggak lama lagi kira-kira 20 tahun lagi, resiko keadaan fatal seperti itu nggak akan terjadi lagi. Kata dia, nantinya dengan kemajuan teknologi nano, kita bisa mengganti berbagai organ tubuh termasuk organ vital dengan mudah.

Wow…

Sep 252009
 

Pernah nggak iseng jalan kaki (bukan naik mobil loh!) di jalan raya pas siang hari bolong? Iseng banget, ngapain… panas banget kaleee…. Itu dia, panas banget kan? Kebayang gak, kalo panasnya jalan raya yang terbuka, nggak ada pohon, diubah jadi energi? Wuih… ini dianya yang terbelakang :mrgreen:

Kalau saja seluruh jalan raya yang panjangnya berkilo-kilo meter itu didesain sedemikian rupa sehingga bisa menyerap panas dan bisa mengkonversi energi panas itu jadi energi listrik misalnya, kan sumber energi baru yang berlimpah tuh.

Wow… mantap … 😀

Sep 102009
 

Otak manusia terdiri dari dua belahan yaitu otak sisi sebelah kiri dan sisi sebelah kanan. Dilihat dari bentuknya, kedua sisi otak ini memiliki kemiripan yang hampir sempurna atau bisa dikatakan sisi yang satu merupakan cermin sisi yang lain. Meski pun begitu, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Sep 072009
 

Lah, itu judulnya kok seperti pepatah naik perahu? Bukan. Naik bis? Bukan juga. Jadi apa dong? Dua-duanya. Perahu iya, bis iya. Berlayar oke, ngebut di jalan juga bisa. Boleh juga kalau mau disebut bis air. Mungkin sudah ada yang pernah mengetahui sebuah kendaraan ampibi, bis yang namanya Amphicoach amphibious bus. Kalau saya sih baru tahu :mrgreen:

Aug 122009
 

Pernah naik sepeda? Pasti pernah dong. Gimana? Asik, segar, atau… sebel karena capek? Wehehehe…, wajar kalau capek, karena namanya juga kendaraan tanpa mesin, jadi mengandalkan tenaga penggunanya supaya bisa terus bergerak.

Tapi, mungkin dengan sepeda masa depan ini, keluhan capek bisa jadi bukan masalah besar lagi, karena penggunanya tidak harus selalu mengayuh pedal, tapi kalau mau bisa diambil alih oleh mesin bertenaga baterai yang tenaganya disuplai oleh solar panel alias bertenaga matahari. Disainnya pun unik dan futuristik, berkesan simpel dan aerodinamis, khas ‘tampilan masa depan’. Keren kan?

Selain itu, masih ada lagi keistimewaan lainnya.

Jun 202009
 

Di jaman serba computerized dan serba praktis ini, rasanya hampir semua orang tahu apa itu laptop atau yang disebut juga notebook, komputer jinjing, atau juga netbook. Bahkan mungkin buat sebagian orang laptop ini sudah menjadi alat penting untuk melakukan kegiatan bisnis, kantor, atau pun keperluan pribadi. Ya, dengan laptop ini, sebuah komputer canggih tidak lagi hanya bisa ditempatkan statis di dalam sebuah ruangan atau tempat, melainkan bisa di bawa kemana pun kita pergi. Tapi tahukah anda, sebuah laptop atau notebook, berdasarkan sebuah penelitian ilmiah, ternyata bisa mempengaruhi tingkat kesuburan reproduksi, alias bisa menyebabkan kemandulan!?! Lho kok bisa?

zStickyBar Widget by inimu.com