Jul 062009
 
Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menjadi perguruan tinggi dengan nilai penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia versi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

“Status itu diperoleh UII setelah menjadi perguruan tinggi dengan nilai tertinggi dalam kategori perguruan tinggi yang memenuhi syarat untuk `site verification` dan `technical assistance`,” kata Rektor UII Prof Dr Edy Suandi Hamid MEc di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, UII meraih nilai 477,5 atau yang tertinggi di antara 62 perguruan tinggi yang masuk kategori tersebut sebagaimana tertuang dalam dokumen hasil evaluasi sistem penjaminan mutu internal perguruan tinggi 2008 yang dikeluarkan Ditjen Dikti belum lama ini.

“Penjaminan mutu perguruan tinggi dalam kerangka Ditjen Dikti pada dasarnya terdiri atas penjaminan mutu internal dan penjaminan mutu eksternal,” katanya.

Ia mengatakan, penjaminan mutu internal sebagai salah satu subsistem dari sistem penjaminan mutu perguruan tinggi (SPMPT) itu telah diimplementasikan oleh perguruan tinggi di Indonesia, sedangkan penjaminan mutu eksternal dinilai dari akreditasi.

“Penjaminan mutu internal itu selanjutnya perlu dievaluasi keberhasilannya dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan. Evaluasinya kemudian dilaksanakan oleh sebuah kelompok kerja di lingkungan Direktorat Akademik Ditjen Dikti,” katanya.

Menurut dia, “desk evaluation” terhadap 387 instrumen evaluasi yang telah diisi dan dikembalikan oleh perguruan tinggi responden, menghasilkan enam perguruan tinggi yang dinilai tidak perlu melalui proses “site verification” dan “technical assistance”, dengan berbagai pertimbangan.

“Selain itu, juga menghasilkan sebanyak 127 perguruan tinggi memenuhi syarat untuk dilakukan “site verification” dan “technical assistance”. Dari proses itu UII kemudian menjadi perguruan tinggi dengan nilai evaluasi tertinggi,” katanya.

Ia mengatakan, selain prestasi itu, penjaminan mutu UII yang pelaksanaannya dikelola Badan Penjaminan Mutu (BPM) UII juga menjadi pendamping bagi implementasi penjaminan mutu pada sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.
Kata saya:
Wah, selamat ya, semoga bisa dipertahankan dan semakin ditingkatkan :D

Sumber: Yahoo News
  • i
 Posted by at 22:57

  One Response to “UII Yogyakarta, Perguruan Tinggi Berpenjaminan Mutu Terbaik Di Indonesia”

  1. Coba aja kalo uii di embargo ma Ugm. Pasti nilainya langsung down. Harusnya peraturan dosen harus ketat. Ugm atau univ.2 yang lain harus menunjukkan keunggulan kompetitifnya, bukannya malah bantuin pesaing. Jadinya kaya kasus malaysia indonesia, dulu qta yang ngirimin guru kesana, sekarang kalah maju. Pikirkan masa depan organisasi sndiri dulu.

 Leave a Reply

(required)

(required)


seven + 3 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Blog Indonesia
Blog Indonesia
tekno info intermezzo
X