Sep 132009
 
Toko kari kecil di Malaysia telah memenangkan perang delapan tahun atas hak penggunaan nama restoran melawan raksasa global makanan cepat saji McDonald’s.

Putusan pengadilan pada hari Selasa yang berpihak pada restoran McCurry, yang berbasis di kota terbesar di Malaysia, Kuala Lumpur, secara efektif telah mengakhiri usaha hukum pihak McDonald’s untuk mempertahankan penggunaan eksklusif awalan “Mc” di Malaysia.

Ketetapan oleh pengadilan tertinggi di Malaysia menolak permintaan pihak McDonald untuk mengajukan banding terhadap keputusan yang membolehkan McCurry untuk menggunakan kata awalan tersebut.

Persidangan memutuskan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa pihak McCurry mengakui bisnis McDonald’s sebagai miliknya. Pengadilan pada hari Selasa juga memerintahkan McDonald’s untuk membayar biaya $ 2.900 untuk McCurry, yang dikatakan pemiliknya sebagai kependekan dari “Malaysia Chicken Curry”.

“Kami sangat sangat lega. Kami ingin memperluas (bisnis kami – red). Inilah yang ingin kami lakukan dari awal dan kami terhenti selama delapan tahun (karena proses pengadilan ini – red),” kata P Suppiah, pemilik McCurry.

“Saya sangat bahagia … kita sama sekali tak punya kemiripan apa-apa dengan mereka. Itulah yang kami rasakan,” kata istrinya sekaligus co-owner, Kanageswary.

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email kepada Al Jazeera, juru bicara McDonald’s mengatakan: “Kami menghormati temuan pengadilan dan di luar itu kami tidak punya komentar lebih lanjut.”

McDonald’s, yang mulai beroperasi di Malaysia pada tahun 1982 dan memiliki 185 outlet di negara ini, pertama digugat McCurry pada tahun 2001.

Devi sri Nair, pengacara McCurry, keputusan pengadilan tersebut berarti McDonald tidak memiliki hak monopoli atas awalan “Mc”, dan restoran lain juga dapat menggunakannya sepanjang mereka membedakan makanan di restoran mereka dari yang ada di McDonald’s.

“Ini adalah preseden bagi semua orang untuk mengikutinya,” katanya.

.

Kata saya:
Xixixixi… kalah euy… 😛
Tapi kalu ada kasus kayak gitu di sini, McD kira2 menang ato kalah ya…?

Sumber: Aljazeera | Ilustrasi: Aljazeera
  • i
 Posted by at 15:34

  2 Responses to “McDonald’s Kalah Perang Lawan Toko Kari Ayam”

  1. mc donald harus tau.malaysia tu adalah negara maling, setelah gagal caplok budaya indonesia sekarang nama MC yg dia caplok..yah otomatis pengadilannya membela rakyatnya..selamat d.buat malingsial ini..

  2. bangsat lu jebeng

 Leave a Reply

(required)

(required)


− 2 = two

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>