Sep 152009
 
Dewan Wilayah Flanders, Belgia, mulai pekan ini, menerapkan peraturan larangan menggunakan simbol keagamaan di sekolah dasar dan menengah. Sekolah diberi waktu setahun untuk menyosialisasikan larangan tersebut. Di antara pihak yang terkena imbas peraturan ini adalah pelajar berjilbab yang harus melepaskan identitas muslim sesampainya di sekolah.

Meski begitu, peraturan ini disambut gembira sekolah. Mereka mengklaim selama ini ada tekanan terhadap pelajar nonmuslim dan muslim tak berkerudung agar mau berkerudung. Namun hal ini dibantah sejumlah pihak. Menurut kelompok hak asasi manusia perempuan, Free Choice, keputusan itu dapat mengganggu kenyamanan siswa belajar. Siswa pun menjadi enggan bersosialisasi dan kemungkinan lebih memilih homeschooling atau program bersekolah di rumah.

Keputusan Dewan Wilayah Flanders ini mengingatkan pada sebuah peraturan di Prancis enam tahun silam. Peraturan tersebut melarang pelajar sekolah umum mengenakan simbol-simbol keagamaan seperti kerudung dan salib.

 
  
 

.

Kata saya:
Masih ada aja peraturan seperti itu ya? :(
Agama itu kan pegangan hidup,
jadi memang untuk dipraktekkan dalam seluruh aspek kehidupan,
bukan cuma buat di tempat ibadah atau rumah….

  • i

  2 Responses to “Siswi di Belgia Dilarang Pakai Jilbab”

  1. agama justru memecah belah..menanamkan ideologinya yg paling benar dari agamanya menjadikan seorang individu semakin manyalahkan ato menganggap remeh org yg tidak beragama sama dengan agamanya. org yg beragama sama lebih diperhatikan sebagai saudara.." PERTANYAAN SAYA" bukankan agama semakin memecah belah??hanya karena mempertahankan ideologi agamanya yg paling benar…BElgia and france sudah tepat. kalo agama pegangan hidup pribadi jgn dibawa ke kalangan publik sperti sekolah ato tempat umum. itu kan hanya hub anda yg beragama dgn tuhannya anda sendiri. dan jgn sampai ini dipolitisasi…Am I wrong??

  2. ujung2nya mo nampang juga,., haha..

 Leave a Reply

(required)

(required)


4 − = one

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>