Apr 132010
 
icys-logo.jpg

Sebuah prestasi yang cukup membanggakan buat Indonesia karena dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara sebuah ajang ilmiah bergengsi bertaraf internasional yang sebelumnya selalu dilaksanakan di benua Eropa sana, yaitu acara lomba International Conference of Young Scientist (ICYS). Kepercayaan ini tak terlepas dari prestasi yang telah dicapai oleh ilmuwan muda Indonesia dengan meraih gelar juara umum pada penyelenggaraan sebelumnya di Polandia.

*

Denpasar – Untuk pertama kalinya di Benua Asia, Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah International Conference of Young Scientist (ICYS). Acara ini akan dilangsungkan pada 12-17 April mendatang di Bali. Ajang bergengsi yang sudah terselenggara sejak 1994 ini merupakan ajang untuk lomba penelitian ilmiah remaja di bidang ilmu Fisika, Matematika, Komputer, dan Ekologi.

Menurut Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Departemen Pendidikan Nasional Dr Sungkowo M, sebelumnya acara itu selalu diselenggarakan di negara Eropa. Indonesia dipercaya menjadi ruan rumah karena sebelumnya berhasil meraih gelar juara umum pada ICYS ke-16 di Polandia. “Selain dari Eropa dan Asia, pesertanya juga dari Amerika,” katanya, Selasa (13/4).

Ajang ini rencananya akan diikuti 19 negara. Sebanyak 13 negara akan turut menjadi peserta. Sedangkan enam negara lainnya akan menjadi observer.

Sungkowo menegaskan, acara ini sangat bermanfaat bagi pengembangan aktivitas ilmiah di kalangan remaja. Bagi Indonesia, acara ini merupakan kelanjutan dari kompetisi di tingkat nasional yakni Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). Siswa yang terpilih di ajang itu kemudian menjalani pembinaan dan masa karantina. “Ini adalah ajang siswa kita untuk unjuk gigi di forum internasional,” ujarnya.

17th-icys-bali-indonesia-banner.jpg

*

Sumber: TempoInteraktif.

.

  • i

  3 Responses to “Pertama di Asia, Indonesia Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional Ilmuwan Muda”

  1. aku kok g dapat undangannya ya :mrgreen:

    walaupun Indonesia jadi tuan rumah tapi yang mereka kenal adalah Bali… bukan Indoneisanya

  2. wahh.. wahh.. Indonesia jadi tuan rumah dalam ajang perlombaan peneliti atau ilmuwan muda tingkat internasional… aku doakan semoga nanti di daerah sendiri menjadi juara umum… Karena saat ini Indonesia hanya terkenal dengan markus (makelar kasus) atau makelar pajak… tetapi dalam ilmu sains.. nggak ada yang ngalahin. nanti di bali berjuang sekeras mungkin ea.. kalahin ntu anak dari negara maju… ok… cayo indonesia :)

    • ea ntar tak kalahin… santai aja.. selama indonesia tidak terpuruk dengan keadaan negara yang lagi ancur ancurnya…tetapi kami akan beusaha supaya Indonesia menjadi juara umum.. tapi kamu sebagai generasi penerus juga harus meniru kakak kakakmu yang sekarang lagi berjuang di negara sendiri…. menjadi ilmuwan itu mudah.. asal kita terus belajar dan berusaha dalam mencari ilmu… semoga anak- anak dari Indonesia bisa menjadi yang terbaik di kaca dunia… 😀

 Leave a Reply

(required)

(required)


− 3 = zero

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>