May 202010
 

Presiden SBY baru saja mengumumkan pengganti Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang mengundurkan diri untuk menempati posisi barunya sebagai Managing Director Bank Dunia. Pengganti itu adalah Agus Martowardojo, Direktur Bank Mandiri.

*

Agus Martowardojo Diangkat Sebagai Menteri Keuangan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi mengangkat Direktur Bank Mandiri Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan menggantikan Sri Mulyani Indrawati yang mengundrukan diri. “Setelah mendengar masukan dan pertimbangan secara resmi saya mengangkat Agus Martowardojo,” kata Presiden Yudhoyono di kediaman resminya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/5) malam.

Selain mengangkat Agus, Presiden Yudhoyono juga mendapuk Anny Ratnawati sebagai Wakil Menteri Keuangan menggantikan Anggito Abimanyu. Sebelumnya Anny menjabat Direktur Jenderal Keuangan Kementerian Keuangan. “Agus dan Anny saya anggap cakap (memimpin Kementerian Keuangan),” ujar PresidenYudhoyono.

Pengangkatan tersebut sekaligus menepis semua isu yang beredar tentang siapa sosok pengganti Sri Mulyani di jabatan prestisius itu. Selain Agus, sejumlah nama sempat dicalonkan sebagai pengganti Menteri Keuangan. Nama-nama tersebut antara lain adalah Wakil Menteri Keuangan Anggito Abimanyu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Darmin Nasution, dan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Fuad Rahmany, serta Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Anny Ratnawati.

Agus Dermawan Wintarto Martowardojo lahir di Amsterdam, Belanda, pada 24 Januari 1956. Namanya cukup kondang di kalangan bankir Indonesia. Sejak Mei 2005, Agus menjabat Direktur Utama Bank Mandiri, menggantikan ECW Neloe yang terlibat kasus korupsi. Bankir yang tahun lalu digaji Rp 199 juta per bulan oleh Bank Mandiri ini, pada 2008 sempat tidak lolos uji kelayakan dan kepatutan di DPR menjadi calon Gubernur Bank Indonesia yang diajukan Presiden.

Sebelumnya Agus bertugas sebagai Direktur Utama Bank Permata selama tiga tahun. Selain di Mandiri dan Permata, ia pernah pula bekerja di Bank of America (1984), Bank Niaga (1986-1994), Bank Bumiputera (Direktur Utama; 1995-1998), Bank Exim (Direktur Utama; 1998) dan BPPN (2002). Agus adalah alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1984.

*

Kiprah Agus Martowardojo

agus-martowardojo.jpg

Agus Martowardojo saat tiba di rumah dinas usai pengumuman dirinya menjadi Menteri Keuangan menggantikan Sri Mulyani, Rabu (19/5/2010)

Nama lengkapnya Agus Dermawan Wintarto Martowardojo (55), namun dalam kartu namanya tertera Agus Martowardojo. Pria kelahiran Amsterdam, Belanda, 24 Januari 1956 ini dipilih Presiden SBY menjadi menteri keuangan (Menkeu). Sebelumnya namanya memang sudah banyak disebut-sebut berbagai kalangan untuk menduduki jabatan yang semula dijabat Sri Mulyani.

Dikalangan bankir, pria murah senyum yang sering disapa-Agus Marto- ini sekarang menjabat Direktur Utama Bank Mandiri sejak 2005 lalu. Kiprahnya di Bank Mandiri, berhasil mempertahankan bank BUMN itu dalam beberapa tahun sebagai bank nomor satu di Indonesia dan diperhitungkan di Asia.

Selama karirnya, Agus lebih banyak berkiprah di dunia perbankan. Sebelum di Bank Mandiri, Agus sebelumnya berkiprah sebagai Direktur Utama Bank Permata, Bank of America (1984), Bank Niaga (1986-1994), Bank Bumiputera (1995–1998), Bank Exim (1998) dan pejabat di Badan Penyehatan Perbankan Nasional/BPPN (2002).

Karir dan pengetahuannya yang lebih banyak dihabiskan di dunia perbankan membuat banyak kalangan ragu Agus Marto mampu memegang kursi Menkeu. Pasalnya jabatan Menkeu lebih banyak bergelut dengan masalah fiskal.

Lulusan Universitas Indonesia 1984 ini dikenal dekat denmgan SBY. Setiap kunjungan kerja SBY ke luar negeri kabarnya selalu ditemani Agus Marto. Kedekatan itu membuat banyak pihak yakin Agus Marto akan menjadi pilihan SBY sebab penunjukan kursi Menkeu sepenuhnya wewenang Presiden SBY.

*

Profil Data Diri, Pengalaman dan Karir Agus Martowardojo

Nama: Agus Dermawan Wintarto Martowardojo
Lahir: Amsterdam, 24 Januari 1956

Pendidikan:

  • Sarjana Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (1984)
  • Banking & Management Courses di State University of New York, Buffalo, USA, Stanford
  • University, Palo Alto, USA dan Institute of Banking & Finance, Singapore.

Karir:

  • Bank of America NT & SA (1984) sebagai Officer Development Program dan International
  • Loan Officer
    PT Bank Niaga Tbk sebagai Vice President, Corporate Banking Group di Jakarta dan
  • Surabaya (1986 – 1994).
    Deputy Chief Executive Officer di Maharani Holding (1994)
    Direktur Utama di Bank Bumiputera (1995 – 1998)
    Direktur Utama di Bank Ekspor Impor Indonesia (1998)
    Managing Director Risk Management and Credit Restructuring di Bank Mandiri (1999)
    Managing Director Retail Banking and Operation Coordinator (2000)
    Managing Director Human Resources and Support Services (2001)
    Advisor bagi Ketua dan Wakil Ketua BPPN untuk bidang Perbankan (2002).
    Direktur Utama PermataBank terhitung sejak 31 Oktober 2002-2005
    Direktur Bank Mandiri, 16 Mei 2005

Organisasi:

  • Aktif di Himbara (Himpunan Bank-bank Miliki Negara)
  • Ketua Umum Perbanas (Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional Swasta) periode 2003 – 2006.

*

Sumber: Tempo, TribunNews.

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


− three = 1

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Blog Indonesia
Blog Indonesia
tekno info intermezzo
X