Jul 022010
 

Kemenangan Belanda atas Brazil 2-1 ini relatif cukup mengejutkan, mengingat bahwa banyak orang lebih mengunggulkan Brazil. Tetapi itulah hasil akhir pertandingan pertama babak perempat final (delapan besar) Piala Dunia 2010 Afrika Selatan yang berlangsung di Nelson Mandela Bay, Jumat 2 Juli 2010.

Dengan kemenangan ini, Belanda mantap menuju babak semifinal yang akan bertemu pemenang pertandingan perempat final lainnya antara Uruguay versus Ghana.

*

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berlangsung seru begitu wasit meniup peluit kick-off babak pertama. Kedua tim langsung saling melancarkan tekanan ke pertahanan lawan masing-masing.

Menit ketujuh Brasil mencetak gol melalui Robinho yang menerima umpan dari Dani Alves. Namun wasit kemudian mangeanulir gol tersebut akibat Alves terlebih dahulu offside.

Brasil membuka skor di menit kesepuluh melalui Robinho. Gol ini diawali dari umpan terobosan yang dilepas dari daerah sendiri oleh Felipe Melo. Robinho yang tidak terkawal berhasil menaklukkan Maarten Stekelenburg dengan tendangan sekali sentuh. 1-0 Samba unggul.

Gol Robinho (Brazil) ke gawang Belanda

Semenit berselang, upaya Belanda lewat sepakan Wesley Sneijder masih bisa ditepis Julio Cesar.

Tendangan bebas Robin Van Persie di menit ke-17 masih melambung di atas gawang Julio Cesar.

Belanda terus berusaha mengejar ketinggalan. Namun upaya yang dilakukan pasukan Oranje beberapa kali kandas oleh barisan belakang Brasil.

Juan! 24 menit pertandingan berjalan, bek Brasil ini hampir saja menambah keunggulan timnya. Peluang ini diawali dari Dani Alves yang berdiri di sayap kanan, sukses mengecoh Dirk Kuyt. Selanjutnya Alves melepas umpa nke kotak penalti. Juan menyambut dengan tendangan yang masih melambung di atas gawang Stalekenburg.

Lima menit berselang, Belanda menekan lewat serangan balik. Umpan jauh Sneijder diterima Van Persie yang menembus lewat sisi kanan. Selanjutnya pemain Arsenal itu memberikan bola kepada Robben. Nama terakhir melepaskan tembakan yang masih membentur pemain belakang Brasil.

Kaka! Setengah jam usia laga, kerjasama Robinho, Luis Fabiano, dan diakhiri eksekusi Kaka memaksa Stakelenburg berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Berawal dari pergerakan Robinho di sebelah kiri, pemain yang pernah berseragam Real Madrid ini berhasil melewati kawalan dua pemain Belanda. Selanjutnya Robinho melepas bola ke tengah. Jabulani diteruskan oleh Fabiano kepada Kaka yang kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang masih bisa ditepis Stakelenburg.

Upaya wakil Eropa menyamakan skor kembali kandas. Kali ini tendangan bebas Sneijder di menit ke-35 tepat di tangkapan Julio Cesar.

Peluang terakhir di babak pertama jadi milik Brasil. Menerima umpan Dani Alves, Maicon yang menusuk lewat sebelah kiri kotak penalti melepaskan tembakan yang masih gagal menembus sasaran.

Belanda mencetak gol penyama di menit ke-52 melalui gol bunuh diri Felipe Melo. Gol ini berawal dari bola lambung yang dilepas Sneijder dari sayap kanan. Cesar mencoba bergerak maju menyambut bola bertabrakan dengan Felipe Melo. Bola yang sempat membentur badan Melo pun menembus gawang Brasil. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Gol bunuh diri Felipe Melo (Brazil), skor untuk Belanda

Kaka! Kesalahan Andre ooijer membuat bola jatuh ke Kaka. Selanjutnya pemain Real Madrid itu melepaskan tembakan yang masih menyamping dari sasaran.

Gol! Menit ke-67 Belanda berbalik unggul lewat tandukan Wesley Sneijder. Gol ini berawal dari situasi sepak pojok. Bola corner Arjen Robben diteruskan Dirk Kuyt ke Sneijder. Tidak mendapatkan kawalan berarti, pemain bernomor punggung sepuluh itu menanduk bola untuk menjebol gawang Julio Cesar.

Gol Wesley Sneijder (Belanda ke gawang Brazil

Brasil harus bermain sepuluh orang usai Felipe Melo menerima kartu merah di menit ke-73 usai melanggar Arjen Robben.

Laga selanjutnya berlangsung panas. Robinho terlihat berang dan marah-marah kepada Arjen Robben, setelah pemain Belanda itu dinilai bereaksi berlebihan setelah dijatuhkan oleh Dani Alves.

Lucio! Sepuluh menit menuju bubaran, sepakan bek Brasil ini dalam situasi sepak pojok masih membentur pemain Belanda dan berbuah corner. Tendangan sudut kedua yang diambil Maicon mengarah ke gawang Belanda. Bola gagal dijangkau Stekelenberg namun masih bisa dihalau Dirk Kuyt.

Tujuh menit sebelum bubaran, umpan Sneijder ke kotak penalti diterima Van Presie. Selanjutnya pemain Arsenal itu mengalami kesulitan melewati pengawalan pemain Brasil. Bola kemudian disambar oleh Kuyt. Namun upaya tim Negeri Kincir Angin masih bisa dikandaskan Cesar.

Belanda kembali menyerbu. Huntelaar sukses menembus pertahanan Belanda. Namun memasuki kotak penalti pemain AC Milan itu gagal melewati hadangan pemain belakang Brasil.

*

Susunan Pemain

  • Belanda
    1-Maarten Stekelenburg; 13-Andre Ooijer, 3-John Heitinga, 5-Giovanni Van Bronckhorst, 2-Gregory Van Der Wiel, 8-Nigel De Jong, 6-Mark Van Bommel, 10-Wesley Sneijder, 7-Dirk Kuyt, 11-Arjen Robben, 9-Robin Van Persie (21-Klas Jan Huntelaar 84′)
  • Brazil
    1-Julio Cesar, 4-Juan, 3-Lucio, 6-Michel Bastos (16-Gilberto Melo 61′), 2-Maicon, 5-Felipe Melo, 8-Gilberto Silva, 10-Kaka, 11-Robinho, 13-Dani Alves, 9-Luis Fabiano (21-Nilmar 76′)

*

Video: Cuplikan Gol / Pertandingan (Goals / Match Highlight)


Highlight

*


0-1 (10′, Robinho, Brazil)


1-1 (53′, Filipe Melo (gol bunuh diri Brazil), Belanda)


2-1 (68′, Sneijder, Belanda)

.

  • i

  2 Responses to “[FOTO-VIDEO] Belanda vs Brazil 2-1 (Perempat Final Piala Dunia 2010)”

  1. 👿 Najiizzz dah maza brazil kalah ahhh KAMPRETTT……. 👿 :mrgreen: 😈 😡 😥 😯

  2. 😛 :mrgreen: 😆

 Leave a Reply

(required)

(required)


3 + = eleven

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>