Jul 082010
 

Spanyol berhasil mencapai babak final Piala Dunia setelah mengalahkan Jerman 1-0 pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2010 Afrika Selatan di Durban, Rabu 7 Juli 2010. Hal Ini merupakan prestasi terbesar dan pertama kalinya bagi negeri matador itu mencapai partai puncak Piala Dunia.

Pada partai final nanti, Spanyol akan menghadapi Belanda. Dengan demikian, partai final di Piala Dunia 2010 ini merupakan pertandingan antara dua tim negara yang sama-sama belum pernah menyandang gelar Piala Dunia sehingga siapa pun pemenangnya nanti, akan lahir sebuah sejarah dengan munculnya juara baru di ajang Piala Dunia.

*

Paul si gurita lebih cenderung memilih Spanyol

Paul si gurita lebih cenderung memilih Spanyol

Jalannya Pertandingan

Pemain Spanyol rayakan gol ke gawang JermanPelatih Spanyol Vicente del Bosque mencadangkan striker Fernando Torres. Sebagai gantinya pemain muda Pedro Rodriguez tampil sebagai starter.

Tiga menit setelah peluit tanda dimulainya pertandingan, laga sempat terganggu dengan masuknya streaker. Aparat dengan sigap mengamankan si penyusup.

David Villa! Memasuki menit kelima, umpan terobosan Pedro mengarah ke Villa yang ada di kotak penalti. Sambil menjatuhkan diri, bomber Spanyol itu melepas tembakan yang masih bisa ditangkal Manuel Neuer.

Menit ke-13, umpan silang Andres Iniesta menuju ke arah kotak penalti. Di sana Carles Puyol menyambut bola namun tandukannya masih melambung di atas gawang Jerman.

Lima menit berselang, giliran Sergio Ramos yang memiliki kans. Menerima umpan dari sisi sebelah kiri, Ramos yang menusuk dari sayap kanan selanjutnya melepas tembakan. Namun Jabulani masih melenceng dari sasaran.

Kerjasama Lukas Podolski-Miroslav Klose di menit ke-22 menghadirkan ancaman bagi Spanyol. Bola silang Podolski diarahkan ke Klose di kotak penalti. Namun barisan belakang La Furia Roja dengan sigap mengamankan situasi.

Percobaan kembali dilakukan Spanyol di menit ke-29. Tendangan dari luar kotak penalti dilepas Xabi Alonso. Bola masih melenceng dari sasaran.

Piotr Trochowski! Melalui sebuah serangan balik di menit ke-31, pemain tengah Jerman ini melepas tembakan dari luar kotak penalti yang memaksa Casillas berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Peluang terakhir di babak pertama diciptakan Pedro di masa injury time. Tendangan kerasnya masih tepat di tangkapan Manuel Neuer.

Di interval lima menit awal babak kedua, Spanyol menghadirkan ancaman lewat Xabi Alonso. Namun dua kali sepakan jarak jauh yang dilepas pemain Real Madrid itu seluruhnya melenceng dari sasaran.

Memasuki menit ke-54, bola sodoran Xavi kepada David Villa disambut oleh tendangan datar eks bomber Valencia itu yang mengarahkan si kulit bundar ke teiang sebelah kiri gawang Jerman. Namun bola masih melenceng dari sasaran.

Setelahnya tim Matador terus membormbardir pertahanan Jerman. Tembakan Pedro masih bisa digagalkan Neuer.

Peluang berikutnya hadir saat Iniesta berhasil menerobos kotak penalti lawan dan melepas umpan ke tengah. Bola gagal dikonversi menjadi gol oleh David Villa yang berdiri relatif bebas di mulut gawang Jerman.

Andres Iniesta (merah) (Spanyol) dikepung tiga pemain Jerman

Andres Iniesta (merah) (Spanyol) dikepung tiga pemain Jerman

Pedro kembali menghadirkan ancaman. Kali ini sepakan pemain muda Spanyol itu masih menyamping dari sasaran.

Jerman berhasil mencuri peluang di menit ke-68. Umpan silang Podolski disambut oleh eksekusi yang dilancarkan pemain pengganti Toni Kroos. Aksi Casillas menggagalkan kans yang didapat tim Panser.

Kebuntuan dalam laga ini pecah di menit ke-73. Berawal dari sepak pojok Xavi, Carles Puyol yang berlari dari luar kotak penalti dan tak mendapat pengawalan, berhasil menyundul bola tanpa mampu dihadang oleh Manuel Neuer.

Puyol (kiri-belakang) (Spanyol) sundul bola umpan sepak pojok Xavi

Puyol (kiri-belakang) (Spanyol) sundul bola umpan sepak pojok Xavi

Gol Carles Puyol (Spanyol)

Gol Carles Puyol (Spanyol)

Setelah kebobolan, Jerman lebih meningkatkan serangan. Namun usaha pasukan Joachim Loew masih belum membuahkan hasil.

Peluang Spanyol menggandakan skor kandas. Menit ke-81, Pedro berhasil lolos dan menembus pertahanan Jerman. Mendapat pengawalan dari Arne Friedrich, Pedro memilih untuk menggocek bola. Padahal ada Fernando Torres yang berdiri bebas. Bola pun berhasil direbut oleh Toni Kroos yang membantu pertahanan.

Spanyol menekan di menit-menit akhir laga. Namun hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada gol tambahan tercipta.

Kegembiraan pemain Spanyol dan kesedihan Jerman di akhir laga

Kegembiraan pemain Spanyol dan kesedihan Jerman di akhir laga

*

Susunan Pemain

  • Jerman
    1-Manuel Neuer; 3-Arne Friedrich, 17-Per Mertesacker, 20-Jerome Boateng (2-Marcell Jansen 52′), 16-Philipp Lahm, 7-Bastian Schweinsteiger, 6-Sami Khedira (23-Mario Gomez 80′), 8-Mesut Oezil, 10-Lukas Podolski, 15-Piotr Trochowski (18-Toni Kroos 61′), 11-Miroslav Klose
  • Spanyol
    1-Iker Casillas; 5-Carles Puyol, 3-Gerard Pique, 11-Joan Capdevila, 15-Sergio Ramos, 16-Sergio Busquets, 14-Xabi Alonso (4-Carlos Marchena 92′), 8-Xavi Hernandez, 6-Andres Iniesta, 7-David Villa (9-Fernando Torres 80′), 18-Pedro (21-David Silva 85′)

*

Video: Cuplikan Gol / Pertandingan (Goals / Match Highlight)


Highlight

*


Highlight

.

  • i

  3 Responses to “[FOTO-VIDEO] Jerman vs Spanyol 0-1 (Semifinal Piala Dunia 2010)”

  1. Wah mantap juga mainnya spanyol,meskipun pertama kalah ditangan swiss tapi spanyol menunjukkan mental juara yang sesungguhnya, tapi yang masuk final adalah negara yang pernah menjajah Indonesia.haruskah kita mendukung penjajah???????
    Memang Rakyat Indonesia Pemaaf semua , meskipun 2 negara tersebut pernah menjajah tapi masih mendukung mereka.,,,,..,..,…………….
    Why………………..? 8-O

    • ga nyambung komentar lo, soal penajajahan mah masa lalu yg ga bisa berubah, kcuaili klo mrk masih menjajah
      pokoke jagoan gw menang!!!!!!!!
      xavi-iniesta gitu loch 8) :-P :lol: :mrgreen: :arrow:

  2. hai, saya ryodimas. Postingan artikel ini bagus banget banget. salam kenal yah….

 Leave a Reply

(required)

(required)


+ seven = 12

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Blog Indonesia
Blog Indonesia
tekno info intermezzo
X