Jan 202011
 

Tak hanya di Jakarta, lagu berjudul “Andai Aku Jadi Gayus” ciptaan Bona Patupungan mulai populer di Kediri. Sejumlah pengamen jalanan ramai-ramai menghafal dan menyanyikan lagu tersebut.

Sutono, 21, pengamen jalanan yang kerap menghibur penumpang bus di terminal Tamanan Kediri mengaku tertarik menyanyikan lagu itu setelah melihat tayangan televisi. Apalagi lagu tersebut berkisah tentang Gayus Tambunan, mafia pajak yang hari ini divonis tujuh tahun kurungan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, yang sedang ramai dibicarakan orang. “Enak aja dinyanyikan,” katanya sambil menenteng gitar akustik, Rabu (19/1).

Bersama beberapa pengamen lainnya, Sutono mulai menghafal lirik lagu tersebut dua hari lalu. Meski tak memiliki kasetnya, mereka tak mengalami kesulitan untuk menghafal. Terlebih lagi sebuah media cetak di Kediri telah memuat lirik tersebut dengan lengkap.

Masih menurut Sutono, lagu tersebut juga sangat mudah dihafal karena memiliki lirik yang pendek. Beberapa bagian kalimatnya juga diulang-ulang dengan pilihan nada yang tak terlalu ribet. “Kuncinya juga sederhana,” katanya.

Video: Andai Aku Jadi Gayus (Kisah Hidupku) – Bona

Download MP3 Youtube

Yang terpenting, kata dia, liriknya berisi protes atas ketidakadilan hukum di Indonesia. Sebab, lagu-lagu bertema kritik sosial seperti itu sudah lama tak terdengar. Biasanya para pengamen kerap membawakan lagu-lagu Iwan Fals yang bertema sosial. [Tempo]

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


6 − five =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Blog Indonesia
Blog Indonesia
tekno info intermezzo
X