Feb 212011
 

Situs broadcasting online This American Life mengklaim telah menemukan resep rahasia minuman ringan Coca Cola, yang di dalamnya terdapat bahan alkohol, berdasarkan foto berisi replika resep John Pemberton, penemu racikan bahan baku Coca Cola.

Selama ini minuman ringan Coca Cola, cukup digemari oleh banyak kalangan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain memang memberikan sensasi yang enak, salah satu yang membuat minuman ini populer, adalah resep rahasia yang terkandung dalam minuman itu.

coca-cola.jpg

Setelah sekian lama menjadi misteri, sebuah situs bernama thisamericanlife.org mengklaim berhasil mengungkap kandungan dan porsi bahan-bahan yang terdapat di dalam minuman tersebut.

Namun seperti dilansir Telegraph, Kamis (17/2/2011), salah satu kandungan yang tersaji dalam resep rahasia Coca Cola itu adalah, penggunaan alkohol sebagai bahan penyertanya. Disebutkan di situs tersebut, bahan alkohol dicampurkan sebanyak 8 ons, bersama dengan puluhan resep lainnya.

Ini cukup mengejutkan memang, karena sejatinya alkohol merupakan zat yang termasuk dilarang bagi sebagian agama tertentu, termasuk di Indonesia.

Seperti diketahui, John Pemberton sendiri merupakan penemu racikan bahan-bahan yang kini disebut sebagai minuman bersoda, Coca Cola. Pemberton sejatinya adalah ahli farmasi yang hidup pada tahun 1886. Sejak ditemukan, resep pembuatan Coca Cola hingga saat ini masih menjadi misteri.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari pihak Coca Cola mengenai klaim dari situs thisamericanlife.org tersebut. Sehingga masih perlu dipertanyakan apakah resep yang dipublikasikan situs itu, benar atau diragukan.

Berikut daftar resep rahasia pembuatan Coca Cola.

  • Cairan ekstrak Coca 3x 1/8 drams USP
  • Citric acid 3 ons
  • Caffeine 1 ons
  • Sugar 30 (sebutan kuantitasnya tidak jelas)
  • Water 2.5 gal
  • Lime juice 2 pints 1 qrt
  • Vanilla 1 ons
  • Caramel 1.5 ons atau lebih sebagai pewarna
  • 7X rasa ( 2 ons perasa untuk 5 galon sirup)
  • Alcohol 8 ons
  • Orange oil 20 tetes
  • Lemon oil 30 tetes
  • Nutmeg oil 10 tetes
  • Coriander 5 tetes
  • Neroli 10 tetes
  • Cinnamon 10 tetes. [Okezone]

Foto Resep Coca Cola


Download

Kandungan Alkohol di Coca Cola Masih Misteri

Coca Cola memang menjadi minuman paling digemari, selain rasanya yang nikmat, keunikan lain yang dimiliki oleh perusahaan ini adalah resep pembuatannya yang memang tidak diumbar secara umum. Tidak hanya dikalangan awam, sampai tim produksi di bagian Coca Cola pun tidak mengetahuinya.

Seperti yang diungkapkan seseorang yang pernah terlibat dalam pembuatan produksi Coca Cola di Indonesia. Menurutnya, tidak ada satupun tim produksi yang mengetahui secara utuh cara membuat minuman soft drink yang sangat populer di dunia itu.

“Kita di tim produksi hanya membuat Coca Cola dengan me-mixing campuran antara air, gula dan konsentrat Coca Cola. Nah konsentrat itu berbentuk serbuk dan dikirim langsung dari Coca Cola pusat,” terang orang tersebut, yang minta namanya dirahasiakan, kepada okezone, Kamis (17/2/2011).

Dia menyebutkan tidak bisa menerka-nerka apakah campuran bahan-bahan yang tersaji di serbuk esktrak Coca Cola tersebut. Termasuk apakah itu mengandung bahan seperti alkohol atau tidak.

“Kalau sekedar dari indera penciuman, saya tidak menemui bau-bau seperti bahan alkohol gitu,” katanya.

Memang, pada setiap kemasannya, Coca Cola hanya mencantumkan komposisi sebagai berikut: air berkarbonasi gula, konsentrat Coca Cola termasuk karamel.

Tanpa pencantuman kandungan alkohol dalam kemasannya, Coca Cola berhasil lolos dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) serta mendapat sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Menurut sumber okezone di BPOM, Coca Cola mendapatkan sertifkasi dari BPOM karena memang memenuhi syarat yang ditetapkan oleh badan tersebut.

“Salah satu syaratnya adalah standar penggunaan karbonasi di minuman itu. Coca Cola di Indonesia sudah memenuhinya, jadi mendapatkan izin BPOM,” sebut sumber okezone itu.

Namun dia tidak bisa menjelaskan secara detail apakah kandungan rahasia Coca Cola itu mengandung alkohol apa tidak. Karena BPOM, menurutnya, tidak mengetahui apa saja isi resep rahasia perusahaan minuman asal Amerika Serikat itu.

“Kita juga tidak melakukan penelitian kalau tidak ada laporan dari masyarakat. Karena toh sampai saat ini tidak ada masalah,” tandasnya.

Telegraph, Kamis (17/2/2011), melansir situs thisamericanlife.org yang baru-baru ini memaparkan kandungan dan porsi bahan-bahan yang terdapat dalam Coca Cola. Bukan hanya itu, thisamericanlife juga memberikan bukti foto seseorang tengah membuka foto berisi replika resep milik John Pemberton, yang notabene merupakan penemu racikan bahan baku Coca Cola.

Selain bahan-bahan seperti ekstrak Coca, citric acid, kafein, karamel dan sebagainya, resep itu menyertakan alkohol yang dicampur sebanyak 8 ons. Alkohol jelas merupakan zat yang dilarang sebagian agama tertentu.

Meski demikian, hingga saat ini, belum diketahui apakah Coca Cola yang beredar di Indonesia juga mengandung alkohol. [Okezone]

.

  • i

  6 Responses to “[FOTO-VIDEO] Resep Coca Cola ‘Terbongkar’, Dicurigai Mengandung Alkohol”

  1. Ini kan resep kuno nya, bung…
    Resep sebelum coca yang ada di dalamnya dihapus…
    Yang kalian minum saat ini sudah tidak ada apa-apanya dibandingkan resep aslinya….

    Sebaliknya, alkohol bagi tubuh manusia juga sangat berguna. coba Anda cari di gugel… saya yakin anda akan menemukan apa manfaat alkohol bagi manusia…
    Dan tentu saja Anda pasti tahu, bahwa semua gula gulaan di dalam tubuh manusia akan diproses menjadi -salah satunya adalah- alkohol…

    Nah, maka saya sarankan, bersikap biasa saja adalah hal yang lebih menarik daripada berlebihan seperti ABG yang butuh perhatian dari calon betinanya…

    terimakasih….

    • itu kata anda, tapi di agama kami, alcohol adalah salah satu yg diharamkan. jadi tidak ada istilah sedikit saja gak apa-apa, sebab sudah jelas larangannya, kalau banyaknya haram maka sedikitpun haram

      • bukankah yang diharamkan yang membuat orang mabuk, kalo ga bikin mabuk apa juga diharamkan

  2. membunuh dengan cara menyayat atau menusuk korban apa bedanya? sma2 sakit….. manusia g butuh alkohol banyak2 dan g butuh tiap hari… lambung udah menghasilkan gas yg setara ama efect alkohol 1 sloki stiap harinya, bbrapa makanan juga mebghasilkan alkohol, buah duren juga mngandung alkohol dan knapa g d larang? karna kandungamnya terkontrol dan ga buat mabok….. mabok duren ama mabok minuman beda feknya…..g ada alasan ngonsumsi alkohol klo udah d larang agama….

  3. waaah… bahaya tuh klo ada alkoholnya. padahal aku salah satu penggemar coca cola lho… harammm! 8-O :-x

 Leave a Reply

(required)

(required)


three − 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Blog Indonesia
Blog Indonesia
tekno info intermezzo
X