Jul 252011
 

Toyota mengembangkan sebuah sistem keamanan kendaraan untuk menghindari tabrakan dengan pejalan kaki. Mobil dengan teknologi ini akan berhenti secara otomatis saat mendeteksi adanya pejalan kaki di depannya.

Sistem keamanan ini, yang mulai dapat ditemui pada mobil-mobil Toyota di masa depan, dikembangkan dari teknologi pendeteksian pra-tabrakan yang sudah ada pada beberapa mobil Toyota dan juga beberapa mobil produk pesaing. Teknologi yang ada saat ini dirancang untuk menghindari terjadinya tabrakan dengan benda berukuran besar, seperti mobil yang sedang berhenti atau pun tembok, namun tidak berlaku untuk orang atau pejalan kaki.

mobil-toyota-deteksi-pejalan-kaki

Sistem keamanan baru dari Toyota yang diklaim sebagai yang pertama di dunia ini, menggunakan radar gelombang berukuran milimeter dan kamera stereo yang secara konstan memonitor apa yang ada di depan kendaraan.

Dalam sebuah demonstrasi baru-baru ini di Higashi Fuji Technical Center milik Toyota di Jepang, peliput diberi kesempatan untuk mengendarai sebuah mobil yang dilengkapi sistem keamanan ini, dan menjalankannya ke arah sebuah mannequin (boneka manusia).

Toyota meminta pengemudi untuk terus mengendarai mobil secara konstan pada kecepatan 40 km per jam dan terus dijalankan mengarah ke boneka pejalan kaki.

Pertama sebuah suara peringatan terdengar saat sistem pengaman itu mendeteksi adanya pejalan kaki dan menilai bahwa kemungkinan akan terjadi tabrakan. Kemudian, saat mendeteksi tidak adanya perubahan (penurunan) kecepatan mobil, sistem itu bersiap menghentikannya.

Lalu, ketika mobil itu semakin mendekati mannequin dengan kecepatan tinggi, rem secara otomatis akan aktif dan seatbelts (sabuk pengaman) mengencang. Akhirnya, dengan sedikit derit mobil itu berhenti darurat beberapa meter dari manekin.

Teknologi itu saat ini sedang dikerjakan bersama dengan beberapa pekerjaan lainnya yang ada di Texhnical Center Toyota. [PCWorld]

.

  • i

  One Response to “[VIDEO] Mobil Toyota Bisa Deteksi Pejalan Kaki, Hindari Kecelakaan”

  1. inovasi yang hebat… 😀

 Leave a Reply

(required)

(required)


+ eight = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>