Aug 052011
 

Mahasiswa UGM (Universitas Gadjah Mada), Yogyakarta, membuat mobil balap formula pertama di Indonesia yang diberi nama Bimasakti, dan akan ikut serta pada ajang kompetisi Student Formula di Jepang pada September mendatang.

Mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, berhasil membuat sebuah mobil formula. Mobil yang diberi nama Bimasakti ini hasil karya 16 mahasiswa jurusan Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik. Setelah dipersiapkan sejak November 2010 hingga Januari 2011 lalu, mobil balap formula ini akhirnya diluncurkan Selasa (19/7).

Mobil balap ini sebenarnya menggunakan mesin berkapasitas 250 cc. Namun para mahasiswa sukses memodifikasi hingga kapasitasnya meningkat jadi 320 cc. Karenanya tak mengherankan jika mobil balap formula pertama di Indonesia ini bisa meluncur dengan kecepatan 140 hingga 160 kilometer per jam.

Prestasi Bimasakti akan diuji diajang kompetisi Student Formula di Jepang pada September mendatang. Ini adalah ajang bergengsi yang pertama kali diikuti Indonesia. Sejak Japan Society of Automotive Engineers atau SAE digelar baru kali ini Indonesia mengirimkan wakilnya. [Liputan6]

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


4 + = eleven

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>