Aug 102011
 

Indonesia negeri rawan bencana seperti tsunami, gempa, longsor, atau pun banjir, tentunya sudah diketahui. Namun lebih dari itu ternyata, terima atau tidak, Indonesia adalah negara yang menempati rangking satu dari seluruh negara-negara di dunia yang paling rawan terhadap ancaman bencana alam, terutama bencana tsunami dan tanah longsor.

Data dari Badan PBB untuk Strategi Internasional Pengurangan Risiko Bencana (UN-ISDR) harus diwaspadai. Sebab mereka menyebutkan, Indonesia berada dalam posisi puncak dunia dari ancaman tsunami. Sebanyak 5.402.239 orang bisa kena dampaknya.

Rilis yang diterima detikcom, Rabu (10/8/2011), juga memaparkan, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling rawan bencana di dunia. Indonesia memiliki berbagai jenis bencana seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kekeringan dan kebakaran hutan.

Data dari UN-ISDR menyebutkan bahwa dalam paparan terhadap penduduk atau jumlah manusia yang ada di daerah yang mungkin kehilangan nyawa karena bencana, Indonesia sangat tinggi risiko bencananya.

Berikut ini urutan rangking Indonesia dari paparan bencana per jenis bencana di dunia.

  • Tsunami
    Indonesia menempati rangking 1 dari 265 negara dengan jumlah 5.402.239 orang yang akan terkena dampaknya.
  • Tanah longsor
    Indonesia menempati rangking 1 dari 162 negara dengan jumlah 197.372 orang yang akan terkena dampaknya.
  • Gempa bumi
    Indonesia menempati rangking 3 dari 153 negara dengan jumlah 11.056.806 orang yang akan terkena dampaknya.
  • Banjir
    Indonesia menempati rangking 6 dari 162 negara dengan jumlah 1.101.507 orang yang akan terkena dampaknya.

.

  • i

  One Response to “Indonesia Peringkat Pertama Dunia Paling Rawan Bencana Alam”

  1. :(

 Leave a Reply

(required)

(required)


three − = 2

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>