Jun 142014
 

Pada pertandingan kedua Grup B Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Arena Pantanal, Cuiaba, Jumat atau Sabtu (14/6/2014) dini hari WIB, kesebelasan nasional Cile berhasil mengalahkan Australia dengan skor meyakinkan 3-1.

Dengan kemenangan ini, Cile menempatkan diri pada posisi kedua klasemen sementara Grup B, berada di bawah Belanda yang menghancurkan Spanyol 5-1.

alexis-sanchez-man-of-the-match-cile-australia-piala-dunia-2014-grup-b

*

Jalannya Pertandingan

Babak 1

Cile langsung tampil menekan sejak menit-menit awal pertandingan. Beberapa kali skuad asuhan Jorge Sampaoli itu mendapatkan peluang emas untuk membobol gawang Australia yang dikawal kiper Matthew Ryan.

Upaya mereka akhirnya membuahkan hasil setelah Alexis Sanchez sukses membuat pendukung Australia terdiam pada menit ke-12. Gol tersebut diciptakannya seusai memaksimalkan bola liar hasil aksi Charlees Aranguiz di dalam kotak penalti.

Hanya berselang dua menit, Cile mampu menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Jorge Valdivia yang mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan Alexis, Valdivia melepaskan tendangan akurat yang bolanya masuk ke pojok kanan gawang Australia.

Sepanjang babak pertama, Cile terlihat lebih mendominasi penguasaan bola dan serangan. Sementara itu, Australia hanya mengandalkan serangan balik yang dimotori Tim Cahill dan Mile Jedinak.

Pada menit ke-34, Australia akhirnya memperkecil kedudukan melalui Tim Cahill. Menerima umpan silang Matthew Leckie dari sisi kanan lapangan, Cahill menyundul bola yang masuk ke pojok kiri gawang Cile.

Babak 2

Selepas turun minum, Australia mencoba bangkit. Pada menit ke-53, Cahill sebenarnya mampu menceploskan bola ke gawang Cile. Akan tetapi, gol tersebut dianulir wasit karena hakim garis menilai Cahill lebih dulu berada di posisi off-side.

Tiga menit berselang, Australia kembali mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, upaya mereka kali ini tetap belum membuahkan hasil karena kiper Cile, Claudio Bravo, mampu membuat dua penyelamatan gemilang saat menepis bola tendangan Mark Bresciano.

Tempo permainan kedua tim meningkat pada babak kedua. Meski Australia terlihat berbalik menguasai permainan, Cile juga mampu menciptakan beberapa peluang berbahaya untuk memperbesar keunggulan.

Pada menit ke-70, misalnya, saat Eduardo Vargas mendapatkan peluang di kotak penalti Australia. Beruntung bagi The Socceroos, bek Alex Wilkinson mampu memblok bola tendangan Vargas sehingga hanya menghasilkan tendangan pojok.

Australia yang mencoba menyamakan kedudukan justru kembali kebobolan ketika Jean Beausejour mampu menceploskan bola ke gawang Matthew Ryan pada injury time. Skor 3-1 untuk Cile pun bertahan hingga laga usai.

Menurut catatan FIFA, sepanjang pertandingan, Cile menguasai bola sebanyak 63 persen dan menciptakan sembilan tembakan akurat dari 11 usaha. Adapun Australia melepaskan enam peluang emas dari 13 percobaan.

Susunan Pemain

Cile: 1-Claudio Bravo, 18-Gonzalo Jara, 2-Esteban Mena, 10-Jorge Valdivia (15-Jean Beausejour 68), 8-Arturo Vidal (16-Felipe Gutierrez 60), 4-Mauricio Isla, 21-Marcelo Diaz, 17-Gary Medel, 20-Charles Aranguiz, 7-Alexis Sanchez, 11-Eduardo Vargas
Pelatih: Jorge Sampaoli

Australia: 1-Matthew Ryan, 6-Matthew Spiranovic, 22-Alex Wilkinson, 2-Ivan Franjic (19-Ryan McGowan 49), 3-Jason Davidson, 23-Mark Bresciano, 4-Tim Cahill, 5-Mark Milligan, 15-Mile Jedinak, 7-Matthew Leckie, 11-Tommy Oar (10-Ben Halloran 69)
Pelatih: Ante Postecoglou

Wasit: Noumandiez Doue (Pantai Gading)

*

Video Highlight / Cuplikan Pertandingan

Cile vs Australia 3-1 (12′ Sanchez, 14′ Valdivia; 36′ Cahill; 90+2′ Beausejour).

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


6 − one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>