Jun 142014
 

Di tengah guyuran hujan lebat, Meksiko akhirnya dengan susah payah berhasil menang 1-0 atas Kamerun pada pertandingan lanjutan penyisihan Grup A Piala Dunia 2014 di stadion Estadio das Dunas, Natal, Jumat (13/6/2014) WIB. Gol satu-satunya yang terjadi pada menit ke-61 diciptakan oleh pemain Meksiko yaitu Oribe Peralta.

meksiko-kamerun-1-0-piala-dunia-2014

Dengan hasil ini, klasemen sementara Grup A menempatkan Meksiko pada peringkat kedua di bawah tuan rumah Brasil yang unggul selisih gol. Sementara Kamerun berada pada posisi juru kunci bersama Kroasia.

*

Jalannya Pertandingan

Babak 1

Pertandingan berlangsung sengit sejak awal laga. Bahkan, sempat tercipta dua gol dalam kurun waktu 15 menit, sebelum akhirnya dianulir oleh wasit Wilmar Roldan.

Meksiko mencetak gol lebih dulu lewat aksi Giovani dos Santos pada menit ke-11, tetapi gol tersebut dibatalkan karena Dos Santos sudah terperangkap off-side sebelum menerima bola dari Hector Herrera.

Giliran gol Samuel Eto’o yang dianulir empat menit kemudian. Wasit menilai, Eto’o terperangkap off-side saat menerima bola dari Stéphane Mbia.

Wasit Wilmar Roldan mengeluarkan keputusan kontroversial dengan menganulir gol Dos Santos pada menit ke-30. Pemain Villarreal tersebut menyundul bola dari sepak pojok.

Namun, hakim garis mengangkat bendera, tanda Dos Santos berada dalam posisi off-side sehingga gol tersebut tidak disahkan. Namun, dalam tayangan ulang jelas terlihat Dos Santos berada dalam posisi legal.

Setelah itu, kedua tim terlihat saling serang. Meski begitu, tak ada gol yang mampu diciptakan kedua tim hingga turun minum.

Babak 2

Meksiko nyaris unggul cepat saat babak kedua baru dimulai. Dos Santos memberikan umpan terobosan yang berhasil dikuasai Oribe Peralta. Peralta kemudian tinggal berhadapan dengan kiper Kamerun, Charles Itandje. Namun, bola hasil tembakan Peralta berhasil ditepis Itandje.

Usaha Peralta akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-61. Gol berawal dari serangan cepat yang dipimpin Hector Herrera. Pemain bernomor punggung enam tersebut kemudian menyodorkan umpan kepada Dos Santos. Eks pemain Barcelona tersebut melepaskan tembakan mendatar, tetapi berhasil dihalau Itandje.

Namun, bola rebound dimanfaatkan dengan baik oleh Peralta, yang tanpa kesulitan menceploskan bola ke gawang yang sudah tidak terkawal Itandje karena ia sudah out of position seusai menahan bola tembakan Dos Santos.


Maksiko – Kamerun 1-0 (Peralta)

Setelah itu, pelatih Meksiko, Miguel Herrera, memilih mengistirahatkan Peralta, dengan memasukkan Javier Hernandez pada menit ke-74. Meksiko tetap terlihat menguasai permainan. Meski begitu, Meksiko beberapa kali tampak kesulitan menahan gempuran Kamerun.

Bahkan, gawang Meksiko nyaris bobol melalui tandukan Moukandjo. Beruntung, kiper Ochoa sigap menangkap bola. Penyelamatan Ochoa tersebut memastikan kemenangan Meksiko dengan skor 1-0.

Pada laga selanjutnya, Meksiko akan menghadapi Brasil pada 17 Juni. Ini sangat krusial bagi kedua tim karena pemenang hampir bakal dipastikan lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Susunan Pemain

Meksiko: 3-Guillermo Ochoa; 2-Francisco Rodriguez, 4-Rafael Marquez, 7-Miguel Layun, 15-Hector Moreno, 22-Paul Aguilar; 6-Hector Herrera, 18-Andres Guardado, 23-Jose Vazquez (Fabian 69); 10-Giovani dos Santos, 19-Oribe Peralta (Javier Hernandez 74)

Kamerun: 16-Charles Itandje; 2-Benoît Assou-Ekotto, 3-Nicolas N’Koulou, 4-Cedric Djeugoue (Dany Nounkeu 46), 14-Aurelien Chedjou; 6-Alex Song (Pierre Achille Webo 79), 17-Stephane M’bia, 18-Eyong Enoh; 8-Benjamin Moukandjo, 9-Samuel Eto’o, 13-Maxim Choupo-Moting

Wasit: Wilmar Roldan

*

Video Highlight (Cuplikan Pertandingan)

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


+ 5 = six

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>