Jun 152014
 

Tak disangka, Uruguay yang merupakan salah satu tim unggulan di Piala Dunia 2014 mengalami kekalahan cukup telak dari tim yang terbilang paling lemah di grup D yaitu Kosta Rika, pada laga perdana penyisihan Grup D Piala Dunia 2014 di Estadio Castelao, Fortaleza, Sabtu atau Minggu (15/6/2014) dini hari WIB.

uruguay-kosta-rika-1-3-piala-dunia-grup-d

Bagaimana tidak, lawan yang seharusnya bisa menjadi santapan empuk, justru menghadirkan petaka bagi Diego Lugano dan kawan-kawan. Alih-alih meraih poin dari tim “antah-berantah” itu, Uruguay justru kalah dengan skor cukup telak 1-3. Bencana kian tak terbendung ketika Maximiliano Pereira dikartumerah saat pertandingan memasuki masa injury time karena secara keras melanggar Joel Campbell.

Meski Uruguay sempat unggul lebih dulu lewat gol penalti Edinson Cavani pada menit ke-24, Kosta Rika mampu membalikkan situasi. Joel Campbell menyamakan skor pada menit ke-54, sebelum Oscar Duarte dan Marco Urena mencetak gol kemenangan pada menit ke-57 dan 84.

*

Jalannya Pertandingan

Babak 1

Di pertengan babak pertama, Uruguay mendapat hadiah penalti setelah wasit Felix Brych menilai Junior Diaz melanggar Diego Lugano, dalam situasi tendangan bebas. Tendangan bebas itu merupakan konsekuensi dari pelanggaran Yeltsin Tejeda kepada Cristian Rodríguez.

Edinson Cavani menyelesaikan tendangan penalti dengan baik. Dengan kaki kanan, ia menembakkan bola ke sudut kiri bawah gawang. Kiper Keylor Navas sudah bergerak ke arah yang benar untuk mengantisipasi bola, tetapi kalah cepat dari bola. Uruguay pun unggul 1-0 atas Kosta Rika pada menit ke-23.


Pelanggaran yang mengakibatkan hadiah penalti untuk Uruguay

Uruguay 1 – 0 Kosta Rika (Edinson Cavani (P), 24′)

Babak 2

Kosta Rika mencetak dua gol dalam waktu tiga menit, yang membuat mereka berbalik unggul 2-1 atas Uruguay pada menit ke-57.

Kosta Rika menyamakan kedudukan melalui Joel Campbell pada menit ke-54. Dengan kaki kiri, ia menembakkan bola dari tengah kotak penalti ke tengah gawang Fernando Muslera.


Uruguay 1 – 1 Kosta Rika (Joel Campbell, 54′)

Tiga menit kemudian, gilitan Oscar Duarte yang menaklukkan Musler. Memanfaatkan umpan Christian Bolanos, ia menyundul bola masuk sudut kiri bawah gawang dari jarak dekat.


Uruguay 1 – 2 Kosta Rika (Oscar Duarte, 57′)

Penyerang Marco Urena mencetak gol yang membawa Kosta Rika unggul 3-1 atas Uruguay, pada menit ke-85. Gol berawal dari umpan terobosan yang dilepaskan Joel Campbell. Kiper Uruguay Fernando meninggalkan sarang untuk mengejar bola yang berada di sisi kiri pertahanan timnya. Namun, Urena lebih dulu menjangkau bola dan menembakkannya ke sudut kanan bawah gawang.


Uruguay 1 – 3 Kosta Rika (Marcos Urena, 84′)

Susunan Pemain

Uruguay: 1-Fernando Muslera, 22-Martin Caceres, 2-Diego Lugano, 3-Diego Godin, 16-Maxi Pereira; 5-Walter Gargano, 17-Egidio Arevalo; 11-Christian Stuani, 10-Diego Forlan, 7-Cristian Rodriguez; 21-Edinson Cavani

Kosta Rika: 1-Keylor Navas, 3-Geancarlo Gonzalez, 6-Oscar Duarte, 15-Junior Diaz, 4-Michel Umana, 16-Cristian Gamboa;
17-Yeltsin Tejeda, 5-Celso Borges, 7-Cristian Bolanos; 9-Joel Campbell, 10-Bryan Ruiz

Wasit: Felix Brych (Jerman)

*

Video Highlight / Cuplikan Pertandingan / Gol

Uruguay vs Kosta Rika (Uruguay vs Costa Rica) 1-3

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


+ 2 = five

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>