Jun 162014
 

Argentina vs Bosnia-Herzegovina 2-1. Argentina mendapatkan perlawanan yang cukup ketat saat berlaga pada pertandingan pembukaan di Grup F Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Stadion Maracana, Brasil, Sabtu atau Minggu (16/6/2014) dini hari WIB walau akhirnya berhasil menang atas Bosnia 2-1.

lionel-messi-argentina-bosnia-h-piala-dunia-2014-grup-f

Rapatnya pertahanan Bosnia-Herzegovina cukup mematikan serangan-serangan Argentina. Namun Bosnia juga tak kalah sengit dalam melakukan serangan, karena sejak menit-menit awal pertandingan Bosnia sudah dikejutkan dengan gol bunuh diri yang dilakukan pemainnya yang membuat tim ini langsung tertinggal dari Argentina sehingga mereka harus menyerang untuk membalas ketertinggalan tersebut.

Lionel Messi, sebagai salah satu pemain terbaik dunia yang paling banyak mendapat sorotan, menandai laga kali ini sebagai akhir dari paceklik golnya di Piala Dunia dengan menumbang satu gol untuk Argentina.

*

Jalannya Pertandingan

Babak 1

Argentina langsung memimpin saat laga baru memasuki menit ketiga. Bek Bosnia-Herzegovina Sead Kolasinac melakukan gol bunuh diri setelah bola hasil sundulan Marcos Rojo mengenai dirinya sebelum masuk ke sudut kiri bawah gawang.

Gol yang tepatnya dilesakkan pada menit 2:08 itu merupakan gol bunuh diri tercepat sepanjang sejarah Piala Dunia. Sebelumnya gol bunuh diri tercepat ditorehkan bek Paraguay, Carlos Gamarra (2:46), pada Piala Dunia 2006.


Argentina 1 – 0 Bosnia-Herzegovina (Sead Kolasinac (OG), 2′)

Meski Argentina terlihat lebih menguasai jalannya laga, Bosnia-Herzegovina bukan tanpa serangan. Berawal dari serangan balik, Izet Hajrovic hampir saja menyamakan kedudukan jika bola tendangannya tidak dapat diantisipasi oleh kiper Argentina, Sergio Romero pada menit ke-15.

Memasuki pertengahan babak pertama, Bosnia-Herzegovina mencoba keluar tekanan. Namun, rapatnya barisan pertahanan Argentina, membuat Edin Dzeko dan kawan-kawan kesulitan mengembangkan permainan.

Pada menit ke-32, giliran Argentina yang mendapatkan kesempatan. Akan tetapi, upaya mereka belum membuahkan hasil karena bola tendangan keras Javier Mascherano dari luar kotak penalti masih dapat ditepis oleh kiper Bosnia-Herzegovina, Asmir Begovic.

Babak 2

Selepas turun minum, Bosnia-Herzegovina mencoba mengambil alih jalannya pertandingan. Beberapa kali skuad asuhan Safet Susic mendapatkan kesempatan di kotak penalti Argentina untuk menyamakan kedudukan.

Keasyikan menyerang, membuat barisan pertahanan Bosnia-Herzegovina kurang konsentrasi. Hal itu pun mampu dimanfaatkan para pemain Argentina untuk kembali memperbesar keunggulan pada menit ke-65.

Berawal dari aksinya di sisi kiri lapangan, Angel Di Maria memberikan umpan kepada Messi. Bomber Barcelona itu pun menggiring bola melewati dua pemain Bosnia-Herzegovina, sebelum melepaskan tendangan keras ke arah gawang Bosnia-Herzegovina.

Bola tendangan Messi itu sempat membentur tiang kanan gawang Bosnia-Herzegovina. Namun, pantulan bola tersebut akhirnya masuk ke arah yang berlawanan.


Argentina 2 – 0 Bosnia-Herzegovina (Lionel Messi, 65′)

Bagi Messi, itu adalah Itu adalah gol keduanya di putaran final Piala Dunia. Ia terakhr kali menyumbang gol saat mengalahkan Serbia dan Montenegro 6-0 pada penyisihan Grup C Piala Dunia 2006.

Empat menit sebelum akhir laga, pemain pengganti Vedad Ibisevic sukses memperkecil ketertinggalan setelah bola tendangannya gagal diantisipasi dengan baik oleh Romero. Namun, skor 2-1 untuk Argentina pun tetap bertahan hingga laga usai.


Argentina 2 – 1 Bosnia-Herzegovina (Vedad Ibisevic, 84′)

Menurut catatan FIFA, sepanjang pertandingan, Argentina menguasai bola sebanyak 57 persen dan menciptakan lima tembakan akurat dari 10 usaha. Adapun Bosnia-Herzegovina melepaskan 10 peluang emas dari 15 percobaan.

Susunan Pemain

Argentina: 1-Sergio Romero, 2-Ezequiel Garay, 3-Hugo Campagnaro (5-Fernando Gago 45), 17-Federico Fernandez; 4-Pablo Zabaleta, 7-Ángel Di Maria, 11-Maxi Rodríguez (9-Gonzalo Higuain 45), 14-Javier Mascherano, 16-Marcos Rojo; 10-Lionel Messi, 20-Sergio Aguero
Pelatih: Alejandro Sabella

Bosnia-Herzegovina: 1-Asmir Begovic; 3-Ermin Bicakcic, 4-Emir Spahic, 5-Sead Kolasinac, 13-Mensur Mujdza (9-Vedad Ibisevic 69); 7-Muhamed Besic, 8-Miralem Pjanic, 10-Zvjezdan Misimovic (18-Haris Medunjanin 74), 16-Senad Lulic, 20-Izet Hajrovic (19-Edin Visca 71); 11-Edin Dzeko
Pelatih: Safet Susic

Wasit: Joel Aguilar (Slovenia)

*

Video Highlight / Cuplikan Pertandingan / Gol

Argentina vs Bosnia-Herzegovina 2-1

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


six − 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>