Aug 132009
 
Pasti tahu kan Angelina Jolie? Itu loh, artis Hollywood yang seksi berwajah cantik, yang ngetop ketika memerankan tokoh Lara Croft dalam film Tomb Raider.
Ini ada sebuah tutorial, yang dibuat oleh seorang artis 3d rendering asal Italia, Antonio Bonora alias Lumacone10. Hasilnya akhirnya cukup mengagumkan, secantik wajah asli Angelina Jolie.
Tutorial ini merupakan terjemahan bebas dari tutorial yang ada di situs cgarena.com. Jujur saja, saya sendiri nggak mahir  menggunakan aplikasi 3D. Mungkin ini berguna bagi anda yang sedang mempelajari rendering 3D, atau seperti saya yang sekedar ingin tahu proses pembuatan sebuah model wajah menggunakan aplikasi 3D.
Bisa kita mulai? Yuuuk…. :D
Untuk memperbesar tampilan, silahkan klik masing-masing gambar.
Kumpulkan beberapa gambar aktris terkenal Angelina Jolie. Sebelum memulai tahap pemodelan itu, ada hal penting yang harus dilakukan yaitu mengamati benar karakter wajah dari aktris cantik ini, terutama tulang pipi.
Dimulai dari dua acuan, pandangan depan dan samping, buat model dalam bentuk lowpoly face, lalu diimpor ke ZBrush, kemudian tingkatkan level subdivisi sebanyak 2 tingkat.
Kemudian, tambahkan rincian untuk bidang-bidang penting bentuk wajah seperti mulut, hidung, alis, mata dan telinga. Perhatikan mesh yang benar secara morfologi dan hindari ketidaksesuaian, agar nantinya mudah melakukan modelling secara efisien dalam ZBrush tanpa banyak kesulitan.
Tambahkan loops pada daerah yang penting saja agar lebih mudah mengatur mesh dalam melakukan modelling.
Seperti dapat dilihat, disitu hanya ditambahkan satu perulangan tambahan saja, hingga tercapai kepadatan yang diinginkan. Bump map bisa didapatkan dari penyebaran tekstur.
Setelah modelling lengkap, impor ke 3D Studio Max. Lakukan penyesuaian dengan memperhatikan bentuk sudut muka dari pandangan depan dan samping.
Untuk efek bayangan, lakukan dengan utak-atik setting, begitu juga dengan penyetelan tampilan kulit wajah. Bisa juga cari inspirasi dari berbagai artikel tutorial di internet.

Untuk pencahayaan (illumination), pelajari beberapa teknik fotografi. Letakkan titik cahaya utama (main light) diantara kamera dan subjek, geser sedikit ke sisi kanan wajah. Kemudian, tambahkan dua titik di bagian belakang (backlight) untuk memperoleh efek siluet dan efek kedalaman. Terakhir, tambahkan cahaya pengisi (fill light) untuk area yang agak gelap.

Pada rendering akhir, gunakan Mental Ray sebagai render engine, sudah termasuk di dalam 3D Studio Max, gunakan hanya pada final gathering dan bukan pada global illumination.

Setelah itu lakukan rendering. Untuk komposisi akhir dilakukan di Photoshop, termasuk penambahan rambut menggunakan Hair and Fur, yang dirender terpisah.

Dan….. inilah hasil akhirnya.
Cantik ya si Angelina Jolie? Ya iya laaahhh……. :D
Tutorial aslinya bisa dilihat di sini.

.

  • i
 Posted by at 07:22

 Leave a Reply

(required)

(required)


− six = 1

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Blog Indonesia
Blog Indonesia
tekno info intermezzo
X