Nov 112009
 
Blogger menyempurnakan fitur yang ada pada NavBar. Buat yang belum tau, NavBar itu adalah navigation bar yang ada pada default blog template di Blogger, letaknya di bagian atas blog kita. Di situ ada beberapa fungsi, di bagian kiri NavBar ada form pencarian, Follow, Share, Report Abuse, dan Next Blog. Di bagian kanan ada tampilan account kita, Custumize/Dashboard, dan tombol Sign In/Out.

Hari ini secara resmi Blogger menyampaikan perbaikan fitur di NavBar tersebut, khususnya perbaikan pada fitur Next Blog.

Fungsi link Next Blog ini tadinya adalah sebagai sarana untuk menampilkan blog lain (tentu blog di Blogger), yang dipilih secara random/acak oleh Blogger. Pemilihan secara acak ini mungkin dirasa kurang pas, terkesan tidak jelas dan untung-untungan. Hal inilah yang coba diperbaiki/disempurnakan, yaitu pemilihan blog lain yang akan ditampilkan tidak lagi secara acak, melainkan disesuaikan dengan blog yang sedang terpampang.

Penyesuaian ini bisa tergantung pada konten blog dan juga bahasa yang digunakan. Misalnya blog yang sedang terpampang adalah blog berbahasa Indonesia, maka blog berikutnya (Next Blog) juga berbahasa Indonesia.

Kalau lagi iseng pengen blogwalking ke blog yang belum pernah saya lihat, saya suka memanfaatkan fitur ini untuk nambah wawasan. Asyiknya, kadang saya suka menemukan blog dengan konten menarik yang belum pernah saya temukan sebelumnya. Ini saya lakukan dengan menggunakan blog saya yang lain dengan template default yang ada NavBar-nya. Kalau NavBar di blog ini sudah dihilangkan :)

NavBar di Blogger bisa dihilangkan atau disembunyikan (remove). Atau bisa juga dibuat auto-hide (otomatis tersembunyi sekaligus bisa dimunculkan) supaya tidak terlihat tapi bisa digunakan sewaktu-waktu. Yang perlu dilakukan adalah edit kode HTML di template blog anda. Untuk itu silahkan Sign In di Blogger dan masuk menuju “Layout” dilanjutkan dengan klik link “Edit HTML”. Selanjutnya, silahkan pilih salah satu saja, mau dihilangkan atau auto-hide, ikuti cara seperti berikut:

1. Menghilangkan Navbar

Cari kode b:skin><![CDATA[/* kemudian di bawahnya tempatkan kode ini:
#navbar-iframe {
display: none;
}

Klik Preview, bila sudah ok, silahkan Save Template.

2. Auto-hide Navbar

Cari kode b:skin><![CDATA[/* kemudian di bawahnya tempatkan kode ini:
#navbar-iframe{
opacity:0.0;
filter:alpha(Opacity=0);
}

#navbar-iframe:hover{
opacity:1.0;
filter:alpha(Opacity=100, FinishedOpacity=100);
}

Klik Preview, bila sudah ok, silahkan Save Template.

Catatan: Auto-hide NavBar ini hanya bisa berfungsi di browser Firefox.

Woking woking… :)

.
  • i
 Posted by at 03:39

  One Response to “Fitur Next Blog serta Cara Remove dan Auto Hide NavBar Blogger”

  1. soal next blog saya malah ga pernah memeperhatikan…

    soalnya punya saya udah kuliangin..

 Leave a Reply

(required)

(required)


seven − = 2

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>