Nov 162009
 
Sejak kehadiran tablet PC yaitu komputer yang menggunakan pena digital sebagai input, banyak orang memperkirakan tablet PC ini bakal segera menjadi tren untuk menggantikan PC/laptop biasa karena lebih fleksibel untuk berinteraksi dengan komputer dibanding PC/laptop biasa yang masih mengandalkan keyboard dan mouse sebagai alat inputnya.

Tapi ternyata tren penggunaan tablet PC tidak secepat yang diperkirakan; orang masih lebih banyak memilih menggunakan laptop biasa. Selain karena harga tablet PC masih terbilang cukup mahal, penggunaan keyboard dan mouse dinilai masih cukup efisien dalam melakukan pekerjaan komputasi.

Sebuah perusahaan melihat kondisi ini sebagai peluang untuk menciptakan dan menawarkan sebuah alat input berupa pena seperti pena stylus untuk layar touch screen, tapi bisa digunakan pada laptop dengan layar biasa, yaitu seperangkat alat yang dinamakan Tablo.

Tablo, lengkapnya bernama Siso Tablo, yang diproduksi oleh Hantech Corporation ini adalah sebuah device berbentuk pena (pen input device) yang diklaim bisa mengubah laptop biasa menjadi sebuah tablet PC. Dengan hanya instalasi sederhana, Tablo bisa berfungsi sebagai tablet untuk melakukan kegiatan komputasi dengan tangan seperti membuat tulisn tangan (hand writing), menggambar, membuat sketsa dan ilustrasi cukup dengan sentuhan di layar. Bahkan, bisa dugunakan untuk bermain games.

Weeewww…

Alat yang kompatibel dengan Windows Xp/Vista ini mendukung software-software seperti Microsoft Office (Word, PowerPoint, Excel, Outlook), Windows Live Messenger, Sticky Note, Journal Note, Ink Desktop, Capture Tool, Paint, OneNote, Adobe PDF, Photoshop, Illustrator, Tablo Office Annotator for XP, Vista Home Basic, Tablo Ink Desktop for XP, Vista Home Basic, dan aplikasi yang menggunakan Microsoft Ink Library dan juga untuk software games.

Untuk mendeteksi gerakan, Tablo menggunakan teknologi ultrasonic sound yang menginterpretasikan gerakan pena yang dibaca oleh sebuah alat yang diletakkan di atas layar laptop. Selain itu pada pena Tablo juga terdapat tombol untuk klik kiri dan klik kanan seperti yang ada pada mouse biasa.

Ini daftar fiturnya, seperti yang diklaim di situsnya:
  • Easily transform normal laptop to powerful tablet PC
  • Direct input on screen or on the air like Nintendo Wii with emotional handwriting (2D & 3D)
  • Large coverage of laptop screen size up to 15.4″
  • Perfect brush effect by speed pressure technology
  • Plug & play on Microsoft Windows Vista & Office 2007
  • Perfect tablet compatibility with Microsoft Windows XP by provided TABLO annotator software
  • Convergence of Digital & Ink Pen
  • Ultra portable tablet system
  • Sleek & modern design

Ada sebuah video yang menggambarkan penggunaan Tablo:

Hmmm… keren juga si…

Tapi kalau menurut saya sih, kalau punya uang banyak, lebih baik menggunakan PC/laptop/tablet PC yang memang buat touch sreen beneran. Kenapa? Karena layar laptop biasa bukan dirancang sebagai layar sentuh, jadi tentu cukup beresiko juga kalau digunakan sehari-hari seperti tablet PC. Memang asik sih, bisa menulis dan menggambar bebas langsung di atas layar. Tapi kalo nggak hati-hati bisa-bisa malah robek layarnya, wakakakaka…… 😛
Srrrttt…. :)

.
  • i

  5 Responses to “Tablo, Pena Buat Menulis dan Menggambar Bebas di Laptop Biasa”

  1. wew..mantab tuh
    cocok buat pemain disain grafis dan karikatur..

  2. harganya berapa? belinya dimana?

  3. @pipit paramitha: harganya US $99, tapi keknya belum ada disini
    lihat di sini aja: usb.brando.com

    .

  4. mantab gan info nya. pas bgt lagi disuruh cari ni barang sama bos kantor. kira" ud ada di indo belum ya…

    thx ya gan info nya ^^v

  5. Hmmm… keren juga si…
    Tapi kalau menurut saya sih, kalau punya uang banyak, lebih baik menggunakan PC/laptop/tablet PC yang memang buat touch sreen beneran. Kenapa? Karena layar laptop biasa bukan dirancang sebagai layar sentuh, jadi tentu cukup beresiko juga kalau digunakan sehari-hari seperti tablet PC. Memang asik sih, bisa menulis dan menggambar bebas langsung di atas layar. Tapi kalo nggak hati-hati bisa-bisa malah robek layarnya, wakakakaka……
    Srrrttt….

    Betul juga, kenapa ga coba axioo intellipen aja
    gw liat di webnya: http://www.axiooworld.com

 Leave a Reply

(required)

(required)


5 − one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>