Dec 092009
 
Pada artikel sebelumnya pernah dibahas mengenai situs photoshop.com kepunyaan Adobe Inc. yang merupakan versi online dari image editor paling ngetop sedunia, Adobe Photoshop. Tapi setelah kita mengunjungi situs tersebut, mungkin ada sedikit kekecewaan, di mana pada situs itu rasanya kurang lengkap untuk dijadikan alternatif image editor. Memang, karena versi online tentunya fitur yang ditawarkan juga tidak selengkap versi desktop.

Untungnya, ada alternatif image editor online lainnya dengan tools yang lebih lengkap dibandingkan Photoshop versi online tersebut, yaitu aplikasi yang tersedia di sebuah situs bernama Aviary.

Untuk sebuah layanan image editor online, fitur-fitur yang tersedia di sana cukup lengkap, walau pun tentu saja tidak benar-benar lengkap seperti image editor versi desktop. Walau pun begitu, menurut saya layanan di situs Aviary ini cukup layak untuk dijadikan alternatif image editor online dengan tools editing tingkat menengah.

Beberapa Aplikasi Online di Situs Aviary

Aplikasi image/picture editing online yang tersedia gratis a.k.a free (bisa upgrade ke versi Pro) yang ada di situs Aviary (http://aviary.com) ini ada beberapa jenis yang masing-masing aplikasinya diberi nama burung (nggak tau kenapa dikasih nama burung, hehehe...) yaitu Phoenix Image Editor, Toucan Color Editor, Peacock Effects Editor, Falcon Image Markup, dan Talon Screen Capture.

Bahkan ada juga aplikasi Raven Vektor Editor, yaitu aplikasi online untuk membuat atau memanipulasi gambar vektor, seperti program semacam CorelDRAW, Adobe Ilustrator, atau FreeHand.

Selain aplikasi untuk editor gambar tersebut, baru-baru ini juga ditambahkan aplikasi Myna Audio Editor, untuk melakukan mixing dan editing file audio atau membuat musik, semacam software FuityLoops.

Wow… makin lengkap aja deh… :)

Mencoba Phoenix Image Editor

Saya baru mencoba salah satu aplikasi yang tersedia yaitu Phoenix Image Editor. Berbeda dengan image tools online yang biasanya hanya menyediakan tools standar seperti resize, cropping, adjusting warna, dan juga beberapa efek standar lain seperti distort atau sketch, pada aplikasi Phoenix ini terdapat tools image editing untuk tingkat menengah, seperti layering, layer filter, gradient, path, font/text, dan sebagainya.

Kita juga bisa memasukkan gambar dari luar misalnya dari komputer kita atau dari web, kemudian dimasukkan sebagai layer untuk selanjutnya dilakukan editing. Selain itu juga bisa memasukkan (embed) file hasil kreasi dari aplikasi Aviary lainnya misalnya gambar vektor dari aplikasi Raven Vektor Editor, dan sebaliknya gambar vektor yang ada bisa dalam Phoenix bisa langsung diedit di aplikasi Raven.

Boleh juga nih… ;)

Dan ini contoh hasil gambar yang saya buat secara singkat di Aviary yang hasilnya jelek banget, hehehe….

Di situs itu juga banyak gambar-gambar yang bagus-bagus hasil karya pengguna aplikasi di Aviary, yang kelihatannya dibuat dengan cukup serius ;)

Aplikasi Online Pengganti Aplikasi Desktop

Ke depan nanti sepertinya bakal makin banyak nih aplikasi-aplikasi online sebagai alternatif aplikasi desktop. Yang sudah banyak dikenal contohnya Google Docs untuk aplikasi office, bahkan Microsoft juga mengeluarkan Office Online. Lalu muncul Aviary ini untuk aplikasi image editor juga sound editor. Yang lain kelihatannya bakal menyusul juga. Dan Google sudah mulai mengakomodasi fenomena ini dengan memunculkan sistem operasi Chrome OS yang nantinya hanya bisa menjalankan aplikasi online atau web applications.

Bisa-bisa nanti nggak perlu lagi aplikasi desktop, apa lagi kalau internet sudah makin kenceng. Wah, bakalan susah cari program bajakan a.k.a crack dong? Huehuehuehue… :P

Online yuks…

.

  • i

  9 Responses to “Membuat dan Edit Gambar Secara Online dengan Tools Lengkap di Situs Aviary”

  1. love and I like This :) :lol:

  2. mUeTzZ sLlAlU sAiiAnk Kk aLdYyy :oops:

  3. bagaimana dengan photoscape?apakah harus di download?load nya pun lama..sama aja seperti picnik . itupun photoscape nya kadang2 error bikin kesal dan maraah huft …….. :( :-x :?: :-P :cry: :idea: :-D :lol:

  4. hahahahahahaha :wink: :-| :-x :twisted: :) 8-O :( :roll: :-P :-o :mrgreen: :lol: :idea: :-D :evil: :cry: 8) :arrow: :-? :?: :!:

  5. keren keren keren kerenm keren keren keren keren keren keren keren keren keren keren keren kern keren keren keren keren kern keren kern keren keren keren keren :lol: :mrgreen: :-P :oops: :roll: :lol: :cry: 8) :roll: :( 8-O :) :twisted: :-x :-| :wink:

  6. mkasi sob,,, di Aviary mank lbh mantap…..mkasi buat infonya n slam knl…. :mrgreen:

  7. terima kasih infonya…salam kenal ya

 Leave a Reply

(required)

(required)


7 − one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Blog Indonesia
Blog Indonesia
tekno info intermezzo
X