Dec 232009
 
Windows XP logo
Mungkin anda pernah mengalami gejala pada Windows XP anda seperti ada gangguan atau tidak berjalan semestinya, terutama bila ada file system yang hilang atau rusak (files missing/corrupt).

Keadaan tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya karena seringnya mati listrik yang menyebabkan data corruption di hard disk, karena proses install/uninstall berbagai software yang tidak sempurna, atau karena virus, atau juga karena tidak sengaja terhapus.

Salah satu alternatif untuk mengatasinya, bisa menggunakan sebuah program/tool yang memang sudah disediakan (bawaan) Windows XP, yaitu sebuah tool yang namanya Windows File Protection. Program ini fungsinya adalah untuk memperbaiki file system yang hilang/rusak, yaitu dengan memeriksa (scan) file-file penting (system files) yang diperlukan oleh Windows XP, cek integritas setiap file tersebut, dan secara otomatis akan menggantinya dengan yang file system yang asli bila diperlukan.

Menjalankan Windows File Protection

Untuk mengaktifkannya, berhubung pada menu Programs di Start Menu tidak ditampilkan tool ini, maka harus dijalankan melalui perintah di menu Run. Caranya, klik Start Menu –> Run. Atau bisa juga tekan tombol Win+R (tekan tombol bergambar Windows dibarengi dengan tekan tombol huruf R) di keyboard. Selanjutnya ketikkan perintah ini di menu Run:

sfc /scannow

Laku tekan tombol Enter atau klik OK. Perintah tersebut akan memunculkan kotak dialog Windows File Protection.

Kemudian tool ini akan meminta anda untuk memasukkan CD setup Windows XP dengan versi yang tentu harus sesuai dengan Windows XP yang sedang anda jalankan (misalnya Windows XP Professional Service Pack 3). Selanjutnya silahkan ikuti saja petunjuk yang ada.

Sebagai catatan, tool ini hanya buat Windows XP dan Windows Server 2003 saja.

Itu saja tips/trik kali ini ;)

.

  • i
 Posted by at 06:38

  6 Responses to “Perbaiki File System di Windows XP yang Hilang/Rusak”

  1. waduh..
    harus pake CD installer ya?

  2. @ aprie: iya bro, kan buat ambil file originalnya.

    .

  3. siip infonya,segera di coba…..

  4. wah qo setelah saya coba ngga bisa iya??
    malah dianggap bukan cd windows,
    kebetulan saya pake SP3,
    padahal saya instal pake cd yang sama,qo ngga kebaca iya?
    explorer saya ngga bisa buka file gambar dengan cara filmstrip :cry:
    pusing dach :roll:

  5. Mas, komputer di kantor saya adalah komputer jadul karena hanya digunakan untuk mengetik saja. Menurut teman yang tahu spesifikasi hardware katanya mendekati pentium III (Kalau tidak salah proseseor via II). Yang unik dari komputer tersebut adalah kipas prosesornya tidak berputar sekitar 1 tahun, dan tetap “bandel” untuk mau diajak mengetik dan mengeprint. Sekarang saya sedang bingung dan sedih Mas, karena setiap komputer menyala di layar hanya nampak gambar background saja. Keyboard dan mouse sama sekali tidak berfungsi. Bila beruntung saya tunggu icon start lalu saya klik untuk eksekusi ke eksplorer. Saya kepingin diberitahu untuk mengembalikan fungsi keyboard dan mouse seperti semula melalui eksplorer. Sejatinya saya bisa format ulang, masalahnya di hardisk sudah tersimpan dokumen bertahun-tahun dan tidak mungkin saya mampu membackupnya. Bila saya tidak salah duga masalahnya karena virus (saya menggunakan smadav 8.2) atau karena ketidaktahuan teman yang utak-atik system windows. Komputer tersebut tidak digunakan selain hanya untuk mengetik saja. Terimakasih mas eko bila sudi memberikan balasan ke alamat e-mail saya. Salam untuk keluarga Mas, semoga panjang umur dan selalu sehat, amin.

  6. sdh sy coba, tapi sfc tidak jalan . di menu run tsb .. Gimana lagi?

 Leave a Reply

(required)

(required)


+ 2 = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Blog Indonesia
Blog Indonesia
tekno info intermezzo
X