Jan 232010
 
Gambar diagram
Saat ini semakin banyak berbagai tools online untuk melakukan berbagai keperluan komputasi, termasuk membuat gambar. Setelah sebelumnya pernah dibahas tools online untuk membuat/edit gambar dan juga tools untuk sekedar resize/crop mage, kali ini terdapat kumpulan situs untuk membuat gambar diagram secara online. Selain diagram, bisa juga membuat flow chart, skema, desain, layout, denah, ruangan, sitemap, office, dan gambar lain yang sejenisnya.

Web applications berikut ini bisa dikatakan sebagai alternatif untuk menggambar diagram (diagramming tools) seperti yang biasa dilakukan dengan aplikasi Microsoft Visio (atau boleh juga dikatakan sebagai “Visio” online).

Aplikasi online ini bisa dijalankan pada browser apapun dengan plug-in Adobe Flash 9 yang telah terinstal. Dengan demikian tidak perlu untuk download atau install software mahal, dan juga dengan demikian hasil pekerjaannya bisa diakses di mana saja asalkan terhubung dengan internet.

Inilah lima aplikasi web untuk membuat gambar diagram:
1. Cacoo

Cacoo adalah tool gambar online yang user friendly yang memungkinkan kita untuk membuat berbagai diagram seperti peta situs, wire frame, UML dan diagram jaringan. Yang dibutuhkan adalah browser untuk dengan mudah membuat diagram yang menarik untuk berbagai dokumen.
Buka situsnya.
2. Creately

Creately adalah sebuah tools online untuk membuat diagram dan desain yang yang dirancang untuk kemudahan penggunaan dan juga bisa digunakan untuk kolaborasi pekerjaan dengan sebuah tim (team work). Bisa dikatakan cukup mudah penggunaannya untuk berbagai tingkat/jenis gambar diagram. Creately dirancang agar penggunanya bisa membuat apa saja, dengan cepat dan mudah.
Buka situsnya.
3. Draw Anywhere

DrawAnywhere adalah website online untuk membuat diagram, di mana penggunanya dapat menggambar, memodifikasi dan berbagi flowchart dan diagram lainnya, dengan tampilan yang mirip aplikasi desktop.
Buka situsnya.
4. Lovely Charts

Lovely Charts adalah aplikasi diagram untuk membuat diagram yang terlihat profesional, seperti flowchart, peta situs, bagan organisasi, wireframes, dan banyak lagi. Tampilan dan penggunaannya sangat sederhana dan intuitif dengan mekanisme gambar drag’n drop, pengguna dapat fokus pada apa yang sebenarnya penting. Kita tidak harus menggambar kotak-kotak dan panah, dan tidak perlu memikirkan simbol apa yang akan digunakan, karena bisa secara otomatis diterjemahkan menjadi ke dalam bentuk chart/diagram.
Buka situsnya.
5. Mockingbird

Mockingbird adalah sebuah alat yang memudahkan kita untuk membuat, link bersama-sama, pratinjau, dan berbagi mockups situs atau aplikasi.
Buka situsnya.

Mari menggambar :)

.

  • i

  2 Responses to “5 Situs Online untuk Gambar Diagram (Visio Alternatives)”

  1. Terima kasih untuk bicara tentang Creately dalam post ini. Kita di Creately banyak senang hati waktu lihat orang dari indonesia guna kita punya situs dan kira situs ini bagus. Maaf untuk bahasa saya – tidak begitu lancar tapi mungkin anda bisa mengerti. Kalau anda perlu informasi lebih atau anda mau bicara tentang market internet dan technologi di indonesia anda bisa kontak saya di email.

    Charan
    http://creately.com

  2. wah pas banget nih..
    butuh buat bikin SOP..

 Leave a Reply

(required)

(required)


+ two = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>