May 162010
 

Format file PDF sudah umum digunakan untuk mendistribusikan sebuah file dokumen, baik pendistribusian secara online via internet atau pun secara offline, karena format PDF yang kompak dan praktis.

Sementara itu, untuk pembuatan dokumen perkantoran aka office banyak orang menggunakan software keluaran Microsoft yaitu Microsoft Office, seperti MS Word, Excel atau PowerPoint. Bila kita ingin export file MS Office tersebut ke dalam bentuk file PDF, kita bisa menggunakan bantuan add-in (aplikasi tambahan) mau pun bantuan software pihak ketiga.

Berikut ini adalah beberapa alternatif cara untuk export file office (dan file lainnya) ke dalam format PDF.

*

Export File Office ke PDF dengan Add-in Microsoft Save as PDF

Add-in keluaran Microsoft ini merupakan aplikasi atau program tambahan yang ditanamkan ke dalam program MS Office, yang fungsinya agar kita bisa save dokumen MS Office 2007 sebagai file PDF.

Bila kita telah install add-in ini, pada file menu (klik tombol bulat bergambar logo Office di pojok kanan atas) akan muncul menu tambahan pada pilihan Save As, yaitu pilihan bertuliskan “PDF or XPS”. Silahkan klik pilihan PDF or XPS itu untuk export sebuah dokumen office sebagai PDF.

export-ms-office-ke-pdf-sc.jpg

Hampir semua jenis file MS Office bisa kita eksport ke dalam format PDF menggunakan add-in ini, termasuk file MS Word, Excel, PowerPoint, Access, Visio, Publisher, InfoPath, dan OneNote.

Download Add-in Microsoft Save as PDF

*

Export Berbagai Jenis File ke PDF dengan software doPDF

Program bernama doPDF ini adalah sebuah software gratis aka freeware yang fungsinya sebagai konverter PDF, dengan menggunakan metode atau cara print (cetak) sebuah dokumen sebagai file PDF.

Dengan metode Print File seperti ini artinya kita tidak hanya bisa export file MS Office saja, melainkan hampir semua jenis file bisa diekspor ke dalam format PDF, termasuk misalnya file Notepad, file email (.eml), dokumen web, dan lain-lainnya, intinya adalah sepanjang sebuah dokumen bisa kita print (cetak), maka file tersebut bisa dijadikan sebuah dokumen PDF.

Bila kita install doPDF, maka kita menginstal sebuah driver printer PDF virtual sehingga setelah instalasi sukses akan muncul sebuah printer baru bernama doPDF pada daftar Printers and Faxes pada OS Windows.

Untuk mengkonversi sebuah file ke PDF, kita hanya perlu untuk mencetak (print) dokumen ke doPDF. Buka sebuah dokumen (dengan Microsoft Word, WordPad, NotePad atau software lain), pilih Print dan pilih doPDF. Contohnya seperti yang terlihat pada screenshot di bawah ini yang menunjukkan cara membuat sebuah file PDF dari Microsoft Word (export MS Word ke PDF).

dopdf-sc-web.jpg

Download Gratis doPDF

  • Silahkan download doPDF di sini (ukuran file 3.94 MB).

*

OpenOffice.org

Kalau mau, untuk pekerjaan perkantoran kita juga bisa menggunakan OpenOffice.org (program office suite gratis dan open source sebagai alternatif yang full kompatibel dengan MS Office), di mana pada software OpenOffice.org tersebut sudah terintegrasi fitur export ke PDF (tidak memerlukan bantuan software tambahan).

*

Kirim :D

.

  • i

  19 Responses to “[DOWNLOAD] Cara Mudah Export File MS Office dan File Lain ke PDF”

  1. TRIMS
    sangat membantu

  2. sangat membantu, :)
    btw, kirim cara install ms access 2003 ke komputer y!
    pliz.. :wink: :wink:

  3. terima kasih boss…
    amat sangat membantu :D

  4. Ini dia yg dicari-cari TARARENGQU T :-o P Mark :lol: T :-P P :wink:

  5. wah ….. ini dia baru ship

  6. Terimakasih bozz,
    Program ini sangat membantu saya membuat laporan2 yang dikirim via email

  7. terima kasih
    bisa tambah software

  8. yang diampilkan hanya buat pengguna MS 2007. untuk pengguna word 2003 gimana boss….??? :-? :-? :-?

  9. wah, terlihat simple, cb dulu ah, tq y, :-)

  10. makasi inponya, dicoba :)

  11. saya biasa pake cute pdf writer ( mirip do pdf )

  12. Thank You Everybody

  13. tanks bos…
    akan saya coba dlu. . ……… :-| :-|

  14. Waduh Terima kasih Banyak Boss, aku dah lama cari ini, aku pake word 2003 dan membantu banget pake doPDF … Sukses buat si Akang..

    Wasalam :wink:

  15. Kereenn…dan sangat membantu, ini yang lagi saya cari… :-P
    Mas kalo soal ke efektifan baiknya pake yang add-in ato doPDF yah…?
    O y, Mas gimana jg caranya tuk convert dari PDF ke MS Office..? ada software nya gak yang free download ? :wink:

    Trims :)

  16. Terima kasih atas program yang di share…

  17. Yaaaa,,,,,,,, trial :(

  18. wao…mantap gan infonya. matur thanks

 Leave a Reply

(required)

(required)


eight − 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Blog Indonesia
Blog Indonesia
tekno info intermezzo
X