Jun 142010
 

Perang aplikasi aka software browser terus berlanjut, terutama di antara lima browser yaitu Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera, dan juga tak ketinggalan browser andalan Apple Computer, yaitu browser Safari.

Baru-baru ini Apple telah merilis versi terbaru browsernya yaitu browser Safari 5 Final, yang tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac OS X. Tentunya pada browser terbaru ini terdapat peningkatan kinerja, perbaikan, dan juga fitur-fitur baru yang menarik untuk dicoba.

*

Screenshot browser Safari 5 di OS Windows 7

Dari segi tampilan, browser Safari 5 masih sama dengan versi sebelumnya. Sedangkan beberapa peningkatan dan hal baru pada browser terbaru yang diklaim Apple sebagai browser tercepat dan paling inovatif ini antara lain adalah:

  • Peningkatan performance Nitro JavaScript engine untuk mempercepat loading halaman web.
  • Dukungan penuh terhadap komponen HTML5 seperti untuk menampilkan konten halaman web yang kaya media (video/sound/animasi), geolocation, dan beberapa dukungan teknis lainnya terkait dengan HTML5.
  • Penambahan kemampuan pencarian dengan search engine Bing dan Yahoo! (sebelumnya secara default hanya menggunakan search engine Google).
  • Safari Developer Program, yang memungkinkan para pengembang membuat extension atau add-on untuk perluasan kemampuan browser Safari.
  • Safari Reader, yang bisa menampilkan konten artikel agar lebih mudah dibaca pengguna.

Di antara sekian peningkatan dan fitur baru tersebut, fitur terakhir itulah, yaitu Safari Reader, yang merupakan fitur yang bisa dibilang paling menarik, karena cukup unik dan akan cukup berguna buat para pengguna aka user Safari agar bisa membaca sebuah konten artikel online secara lebih mudah.

Dengan Safari Reader, sebuah posting artikel (bukan pada halaman homepage, tapi halaman posting) bisa ditampilkan secara lebih jelas, fokus, dan lebih mudah dibaca, tanpa terganggu dengan berbagai embel-embel yang ada di sebuah halaman web seperti menu, sidebar, widget, animasi, dan lain-lainnya, yang terkadang terlalu rame dan bikin pusing :lol:. Dengan fitur Reader ini kita lebih nyaman menyimak isi artikelnya, dengan tampilan teks yang juga lebih besar dan jelas, seperti terlihat pada screenshot di bawah ini.

Screenshot fitur Safari Reader

Untuk menggunakan fitur Safari Reader ini (tentunya setelah anda download Safari 5, lalu install, dan menjalankannya), silahkan buka sebuah posting artikel misalnya artikel di blog ini. Setelah loading halaman posting selesai, akan muncul ikon berupa tulisan “Reader” di sebelah kanan address bar (pada bagian yang dilingkari merah seperti terlihat pada screenshot), silahkan klik icon “Reader” tersebut, dan Safari akan menampilkan artikel posting tadi dengan mengedepankan sebuah area/window yang lebih fokus dan nyaman untuk dibaca.

*

Download Gratis Browser Safari 5 Final

Silahkan langsung download dari situs Apple di sini.

.

  • i

  5 Responses to “[DOWNLOAD] Safari Reader, Fitur Keren di Browser Safari 5 Final”

  1. wow, keren :) thanks sharingnya :)

  2. i always download games from bittorent and emule. ~-‘

  3. nice post, this is good, i love it…
    thx buat sharingnya infonya…

  4. tidak ada yang mengalahkan “Mozilla Developer Preview 3.7 Alpha 5″ Gan..? Versi prototype sebelum Mozilla versi 4…..Silakan Coba Gan..? 😆

  5. i download a lot of free games online and there are lots of it online.-~,

 Leave a Reply

(required)

(required)


− seven = 2

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>