Aug 312010
 

Opera Mini selama ini memang dikenal cukup banyak digunakan oleh pengguna ponsel. Tapi selain itu, sebagai alternatif, bisa dicoba browser juga yang satu ini: UC Browser, yang diklaim memiliki beberapa fitur penting seperti compression technology untuk mempercepat proses browsing, jaringan yang stabil, powerful search, dan juga multi-tabs, serta tersedia versi bahasa Indonesia.

uc-browser.jpg

*

Jika dalam laporan The State of Mobile Web terbaru, Opera Software mengklaim memiliki sekitar 62,3 juta pengguna Opera Mini di seluruh dunia, UC Mobile mengklaim memiliki lebih dari 100 juta basis pelanggan di 145 negara.

Namun, diakui UC Mobile, dari total 100 juta pengguna UC Browser, 80 persen di antaranya berada di China, sementara 20 persen lainnya tersebar di negara luar China.

Meski baru, Andy Zain, CEO PT Numedia, representatif UC Mobile di Indonesia optimis pengguna UC browser akan tumbuh pesat dan merata secara global mulai tahun ini.

“Di negara berkembang seperti Indonesia, kepemilikan PC masih rendah karena harga yang belum terjangkau. Sebaliknya, infiltrasi telepon seluler telah mencapai seluruh lapisan masyarakat,” kata Andy dalam keterangannya, Selasa 31 Agustus 2010.

“Diperkirakan pada tahun ini, akan ada lebih dari 40 juta ponsel baru yang terjual di pasaran, yang mana 80 persennya adalah ponsel kelas low-end dengan harga dibawah 1,5 juta rupiah,” tandasnya.

Besarnya potensi yang dimiliki Indonesia itu kemudian mendorong UC Mobile asal China untuk hadir di Indonesia. Dan, kehadirannya di Indonesia ditandai dengan peluncuran UC Browser edisi Bahasa Indonesia untuk pertama kalinya akhir minggu lalu di Jakarta.

Tak hanya beroperasi di ponsel kelas low-end, aplikasi UC browser juga bisa berjalan di sistem operasi Symbian, OS Android, Blackberry OS, iOS (iPhone), Windows Mobile, dan Java platform. “Kemampuan ini membuat UC browser bisa berkembang luas secara global dan menjadi pesaing kuat Opera Mini di masa mendatang,” tutur pria yang menyelesaikan pendidikan MBA di Monash University, Australia, itu.

Dimulai sejak 2004, UC Browser adalah pelopor teknologi proxy browsing yang dengan arsitektur komputasi awan melakukan kompresi file di server, sehingga diklaim bisa menghemat biaya dan bandwidth hingga 90 persen. Teknologi ini sangat optimal untuk penggunaan di ponsel (layar kecil) dengan kondisi koneksi yang terbatas. [Vivanews]

*

Download Gratis UC Browser

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


4 + = six

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>