Nov 132010
 

Gambar icon dalam dunia komputer merupakan gambar kecil yang sering kita lihat pada layar komputer, laptop atau pun layar ponsel, yang fungsinya untuk mempermudah seseorang mengenali atau menandakan software, aplikasi, shortcut, atau juga sebagai penanda bagi sebuah situs online dalam bentuk favicon (favorite icon).

Format gambar icon ini biasanya berbeda dengan gambar image biasa (.bmp, .jpg, dll) , yang ditandai dengan extension .ico (di OS Windows), .icns (MacOS) atau juga .png (Linux). Khusus untuk penanda situs web, gambar icon yang biasa terlihat pada address bar di browser yang biasa disebut sebagai favicon (favorite icon) dan nama filenya biasanya diberi nama sebagai favicon.ico (walau pun pada browser modern versi terbaru tidak lagi harus menggunakan format favicon.ico tersebut).

Untuk mengubah gambar image menjadi gambar icon, berikut adalah cara mudah tanpa perlu kemahiran khusus menggunakan program grafis yang rumit, tapi cukup dengan menentukan gambar file image atau juga foto yang akan dijadikan file icon yang sudah dioptimasi.

*

1. Situs Konversi Image ke Icon Secara ONLINE

*

iConvert

Salah satu situs online untuk konversi image menjadi icon adalah situs bernama iConvert. Di situs tersebut kita cukup melakukan upload gambar image biasa lalu klik tombol Convert. Tunggu beberapa saat, maka kita akan diberikan link download icon hasil konversinya.

iconvert-screenshot.jpg

Buka situs iConvert di sini.

*

Pic to Icon Converter

Halaman web yang diberinama Pic to Icon Converter ini sesuai namanya juga menyediakan tool online gratis untuk konversi foto jadi icon (selain foto tentunya bisa juga gambar/image lainnya).

pic-to-icon-converter

Buka situs Pic to Icon Converter di sini.

*

*

2. Software / Aplikasi Konversi Image ke Icon (OFFLINE)

Kita bisa menggunakan beberapa software tertentu untuk keperluan itu, salah satunya adalah aplikasi freeware bernama Imagicon. Penggunaannya cukup mudah, kita tinggal menarik aka drag file image ke dalam jendela aplikasi Imageicon untuk selanjutnya dikonversi menjadi file icon.

imageicon-screenshot.png

Download gratis Imagicon di sini (direct download) atau buka situsnya di sini.

*

Semoga berguna.

.

  • i

  5 Responses to “Cara Mudah Konversi Gambar Image Jadi Icon”

  1. wah saya kemaren baru nyari yang ginian..
    tapi udah ketemu yang online…

  2. arigatou …. very useful apps :mrgreen: hehehe

  3. mantap nih Gan aku butuh banget nih buat nambah koleksi icon tengkiu banget yah 😀 😀 😀

  4. nice progs… 😉

  5. .. wachhhh,, keren nich ..

 Leave a Reply

(required)

(required)


two + 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>