Jan 232011
 

Di tahun baru ini, tepatnya tanggal 19 Januari 2011 lalu, Google memberikan sedikit ‘kejutan’ kepada para pemilik blog atau website, yaitu berupa update PageRank, dan juga ‘hadiah’ berupa Sitelinks untuk situs-situs tertentu.

google-sitelinks-pagerank.png

Hal tersebut sedikit mengejutkan karena sudah sekian lama Google tidak pernah lagi melakukan update terutama PageRank. Sebelumnya terakhir kali adalah pada bulan April, padahal biasanya Google melakukan update PageRank setiap tiga bulan sekali. Karena hal tersebut, banyak juga yang berpikir bahwa Google, karena alasan tertentu, kemungkinan tidak lagi mengizinkan pihak luar untuk bisa mengetahui PageRank sebuah halaman web.

*

PageRank

Sekedar informasi buat yang belum tau apa itu Google PageRank, mungkin dapat dijelaskan secara singkat bahwa Google PageRank adalah semacam algoritma khusus yang dibuat oleh Google untuk menentukan peringkat berbagai situs yang ada di internet, dalam kaitannya dengan urutan prioritas situs tersebut untuk bisa tampil di halaman hasil pencarian mesin pencarinya (SERP/search engine result pages) Google.

Untuk informasi lainnya, silahkan baca artikel sebelumnya mengenai apa itu PageRank dan tips cara meningkatkan PageRank atau juga artikel SEO.

Memasuki tahun baru 2011 ini, situs Blog Indonesia inimu.com ini 😉 setelah selama sebelas bulan ‘mengudara’ (artikel pertamanya tentang pindah blog tertanggal 22 Februari 2010, kalau artikel bertanggal sebelumnya itu adalah artikel-artikel pindahan dari blog sebelumnya), diberi peringkat PageRank 3 oleh Google. Naik sedikit saja dari sebelumnya berangka 2 di bulan April tahun lalu.

google-pagerank-inimu.com.png

*

Sitelinks

Nah, kalau Sitelinks ini adalah hal baru yang didapatkan situs inimu.com ini. Bila sebelumnya hanya berupa link biasa di tampilan hasil pencarian, maka kini bila dimasukkan query misalnya ‘inimu‘ di search engine Google, maka hasilnya berupa link halaman utama (homepage) inimu.com, dan di bawahnya akan terlihat beberapa link lainnya yang ada di situs ini.

Pengertiannya. menurut penjelasan resmi Google (lihat di sini), Google Sitelinks adalah beberapa tautan atau link yang ditunjukkan di bawah beberapa website dalam hasil pencarian Google. Tautan itu dimaksudkan untuk membantu pengguna menavigasi situs tersebut. Sistem Google menganalisis struktur link situs tersebut untuk menemukan shortcut yang akan menghemat waktu pengguna dan memungkinkan mereka untuk dengan cepat menemukan informasi yang mereka cari di situs yang memiliki Sitelinks tersebut.

Jadi, Sitelinks pada intinya merupakan link-link shortcut menuju halaman-halaman web tertentu dari sebuah website. Tidak semua situs web mendapatkan ‘fasilitas’ sitelinks ini dari Google. Masih menurut Google, link-link yang dicantumkan pada Sitelinks ini juga ditampilkan secara otomatis oleh bot Google.

Google paling banyak menampilkan 8 buah link pada Sitelinks, seperti Sitelinks situs inimu.com ini. Pada beberapa situs lainnya, ada juga yang hanya terdapat 5 buah link. Nggak jelas 😆

google-sitelinks-inimu.png

Tidak ada penjelasan akurat tentang bagaimana sebuah situs bisa mendapatkan Sitelinks, selain tentunya Google sendiri. Namun demikian, mungkin bila ingin mendapatkan sitelinks, mungkin tips mendapatkan Sitelinks berikut ini bisa sedikit membantu (walau pun tidak ada jaminan keberhasilannya):

  1. Buatlah struktur dan sitemap situs yang sederhana namun jelas, dengan menggunakan anchor teks link menuju beberapa halaman web utama di dalam website.
  2. Tampilkan link anchor teks atau menu ke halaman-halaman utama yang ada di dalam situs secara konsisten dan mudah dinavigasi oleh pengunjung.
  3. Link-link utama yang ditampilkan pada Sitelinks biasanya adalah link halaman web mendapatkan kunjungan atau klik pengunjung dengan jumlah yang cukup banyak / sering dari hasil pencarian Google.
  4. Website atau situs yang memiliki Sitelinks biasanya adalah situs yang cukup ‘berumur’, minimal satu tahun (sebagian ada yang memperkirakan minimal enam bulan). Dan, selama ‘masa percoban’ itu, tidak ada perubahan struktur halaman web di situs tersebut, sehingga Google sudah membuat indeks link-link permanen.

Kembali ke situs inimu.com, ada yang hal yang sedikit aneh dengan Sitelinks ini. Seperti terlihat pada screenshot di atas, link yang ditampilkan adalah halaman homepage Blog Indonesia sebagai link utama, kemudian di bawahnya ada CCTV, berita, komputer, semua artikel widget termasuk sub-halamannya (zFPmenu/widget menu, zSCviewer/widget konten dan zSCbutton/widget share), dan… ini yang aneh: link artikel tentang angka sepuluh yang judulnya: ((10-10-10):(10-10-10))*10. Heran juga, kenapa artikel itu yang ditampilkan Google? Kenapa nggak yang lain sih, misalnya halaman utama blog bebas…? Padahal artikel serba sepuluh itu kan cuma artikel iseng aja.

Tapi sudahlah, terserah Google aja dah… 😆

Sebenarnya bila kita sudah mendapatkan Sitelinks, kita bisa memblok link tertentu agar tidak ditampilkan pada Sitelinks, yaitu melalui Goolgle Webmaster Tools (login ke Dashboard => Site Configuration => Sitelinks). Kalau ada yang belum tahu, silahkan baca cara mendaftarkan situs / blog ke Google.

*

O i a, hampir berbarengan dengan update PageRank dan Sitelinks ini, seperti disampaikan di blog utamanya, Google juga mengindikasikan peningkatan kemampuan algoritma search engine miliknya terutama untuk memerangi situs sampah atau spam, di antaranya adalah content farm atau juga auto-content.

Jadi harap berhati-hati, jangan sampai ketika mengejar ‘karir’ di search engine, salah-salah malah dianggap situs spam oleh Google yang mengakibatkan website diberi gelar blacklist, sehingga tidak bisa tampil di hasil pencarian search engine Google.

.

  • i

  7 Responses to “Google PageRank + Google Sitelinks Update”

  1. wah seperti biasa, punya saya anjlok..

  2. wah penjelasan yang lengkap, pagerank blog saya 0, dan blog saya juga mendapatkan site link. saya tidak tahu bagaimana saya bisa mendapatkannya, moga saja site link menunjukkan kwalitas artikel.

  3. mantap gan infonya….semakin tambah pengetahuan dan menambah wawasan di dunia web

  4. Terima kasih untuk memberitahu bahwa. Saya cek situs saya, bagaimanapun, tidak ada perubahan untuk PR. Mungkin aku harus menggunakan menginstal beberapa toolbar PR.

  5. Laur biasa bisa dapet sitelinks dari google. Boleh tahu nggak tipsnya..? Jangan lupa untuk di share ke kita2 ya.. :mrgreen:
    nice post.. :)

  6. mantap deh gan sangat membantu dan terimakasih atas info dan pencerahannya

 Leave a Reply

(required)

(required)


+ 9 = fifteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>