Apr 142011
 

Para pengguna ponsel / smatphone yang sering berinternet rasanya tahu browser “Opmin” atau Opera Mini dan juga Opera Mobile. Buat yang ingin update, baru-baru ini Opera telah merilis versi teranyar Opera Mini 6 dan juga Opera Mobile 11.

opera-mini-6-opera-mini-11.jpg

Sekedar informasi, sekalian menjelaskan apa beda Opera Mini dan Opera Mobile, mungkin ini sering jadi pertanyaan. Berikut adalah perbedaan antara kedua aplikasi browser gratis dari Opera untuk ponsel / gadget mobile ini.

*

Beda Opera Mini dan Opera Mobile

Ini penjelasan singkat saja perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile.

Opera Mini

Opera Mini untuk browser yang bisa diinstall pada ponsel (dan juga smartphone/tablet/gadget mobile lainnya) yang mendukung Java (J2ME). Bisa Symbian, Windows Mobile, terakhir juga untuk BlackBerry, iOS, Android, asalkan support Java ME.

Browser Opera Mini cenderung digunakan untuk layar kecil, dengan fungsi pembuka halaman web dengan tampilan standar (tidak mendukung widget dll).

Ketika membuka sebuah halaman web menggunakan Opera Mini, data dari situs itu tidak langsung dibuka oleh Opera Mini melainkan ditransfer dulu ke server Opera untuk kemudian datanya dikompres, baru kemudian hasil kompresinya dibuka dibrowser Opera Mini, namun dengan tampilan yang sama (atau minimal mendekati) dengan tampilan aslinya. Jadi, ukuran data web yang dibuka oleh Opera mini lebih keci sehingga bisa mempercepat download, dan lebih cocok untuk pengguna internet dengan koneksi yang lambat atau quota data internet yang kecil.

Opera Mobile

Opera Mobile bisa diinstall hampir di semua gadget mobile (ponsel/smartphone/tablet/dll). Browser Opera Mobile berfungsi sama dengan browser untuk desktop PC, sehingga halaman web yang dibuka bisa tampil sama persis dengan ketika membukanya di browser desktop (perbedaan hanya pada ukuran layarnya).

Berbeda dengan Opera Mini, browser Opera Mobile langsung membuka halaman web tanpa transfer ke server Opera. Jadi data yang didownload seukuran atau sebesar aslinya, karena tidak dikompres.

*

Fitur Baru Opera Mini 6 / Mobile 11

Berikut adalah beberapa fitur barunya (sebenarnya tidak terlalu signifikan).

  • Navigasi yang lebih halus.
  • Fitur untuk layar sentuh seperti ‘pinch to zoom’ (seperti gerakan mencubit) di perangkat layar sentuh untuk memperbesar tampilan halaman web.
  • Fitur sharing yaitu adanya tombol berbagi di Twitter, Facebook, atau My Opera.
  • Telah dioptimalkan untuk komputer tablet sehingga tampilan halaman web lebih sempurna.

Fitur selengkapnya lihat di sini.

*

Download Gratis Opera Mini 6 / Opera Mobile 11

Atau buka alamat ini.

List download Opera Mini / Opera Mobile selengkapnya lihat di sini.

*

Sebagai tambahan, kita juga bisa install dan mencoba Opera Mobile di komputer desktop. Selengkapnya silahkan lihat di sini:

Opera Mobile Emulator untuk Desktop PC

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


+ 4 = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>