Jun 032011
 

Sebuah pengalaman yang kurang menyenangkan tentunya bila saat sedang asik-asiknya berselancar di internet, tiba-tiba browser yang digunakan mendadak crash, hang, error, atau keluar/menutup dengan sendirinya.

Untuk pengguna browser Mozilla Firefox, berikut ini adalah beberapa tips yang berkaitan dengan masalah crash.

Firefox crash

Pengertian istilah browser yang mengalami “crash” adalah sebuah kejadian ketika browser (dalam hal ini Firefox) tertutup secara tiba-tiba tanpa kita inginkan. Sedangkan istilah hang adalah saat browser Firefox tidak bergeming (not responding) karena terjadi error yang fatal yang menyebabkan Firefox tidak bisa digunakan.

Setelah crash biasanya jendela dialog Mozilla Crash Reporter akan muncul, menanyakan apakah kita ingin mengirim rincian teknis dari crash itu ke pihak Mozilla untuk diproses.

Penyebab terjadinya crash atau hang bisa bermacam-macam. Namun sebelum menyelidiki penyebab crash lebih lanjut, ada baiknya kita pastikan dulu hal-hal berikut ini.

  • Sebaiknya gunakan browser Firefox terbaru (misalnya versi 4.0), di mana teknologi browser terbaru mengikuti perkembangan teknologi web yang ada saat ini. Termasuk juga gunakan update versi maintenance yang terbaru (misalnya versi 4.0.1) karena di dalamnya terdapat perbaikan-perbaikan bug dan kode teknis lainnya.
  • Bila kita menginstall extension, add-on, atau themes, pastikan untuk menggunakan versi yang kompatible dengan versi browser Firefox yang digunakan, dan selalu update ke versi terbarunya.
  • Update plugins (misalnya plugin Flash atau Java) ke versi terbaru.

Selanjutnya, berikut ini adalah beberapa artikel yang disiapkan oleh pihak Mozilla bila kita ingin mengetahui lebih lanjut mengenai beberapa kondisi crash di browser Mozilla Firefox.

  • Firefox crash saat dibuka: baca artikel ini.
  • Firefox crash saat membuka halaman web tertentu: baca artikel ini.
  • Firefox crash saat ingin download file: baca artikel ini.
  • Firefox crash saat keluar/exit: baca artikel ini.

Ada baiknya bila Firefox mengalami crash kemudian muncul pertanyaan konfirmasi untuk mengirimkan report crash tersebut ke pihak Mozilla, kita melakukannya (submit crash report), untuk membantu pengembang Firefox mengatasinya. Bila kita mensubmit crash, kita bisa membaca status submit crash tersebut dengan membuka halaman about:crashes di address bar Firefox.

Semoga berguna.

.

  • i

  7 Responses to “[TIPS] Mencegah Crash / Hang pada Browser Mozilla Firefox”

  1. Makasih atas Infonya.. follow me ya At Link Profile

  2. Nice Inpho Gan ?!?!?

    :lol: :lol: :lol: :wink: :wink: :wink:

  3. Lagi jalan jalan, kareNa mozilla saya beberapa hari ini sering ngambeg, dpt dech yg d cari??
    thanks.

  4. knapa ya klo pake firefox , cpu usage jd 100%, stlah saya bersihin degnan antivirus, skrng cuma 34%. Firefox sering hang n crash, maka saya disablle add on yg tidak penting.
    Trus ganti crhome, lebih bagus tampilannya, jg ada scripte yg bisa dibaca, hanya klo ngrsave foto aja yg repot.

  5. moga aja versi firefox selanjutnya semakin bagus untuk menghindari masalah crash ini

  6. apakah ada tips untuk chrome yang selalu crash tiap upload file? :cry:

  7. Trimakasih atas artikelnya dalam mengatasi browser yang suka crash.

 Leave a Reply

(required)

(required)


eight − 6 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Blog Indonesia
Blog Indonesia
tekno info intermezzo
X