Jul 192011
 

Sejak kemunculan Twitter, layanan microblogging dengan pembatasan 140 karakter untuk setiap posting, alamat URL singkat saat ini sudah semakin banyak digunakan. Selain agar lebih mudah diingat, URL singkat juga dimaksudkan agar lebih mudah dibagikan (share) dan memberikan ruang lebih buat isi teks lainnya.

Google mengikuti jejark Twitter yang menggunakan TLD (top level domain) .co (dot co) untuk mempersingkat URLnya. Namun, berbeda dengan URL shortcut seperti t.co yang dimiliki Twitter yang mengarahkan pengunjung ke berbagai situs di luar Twitter, domain g.co kepunyaan Google ini nantinya hanya khusus mengarahkan pengunjung ke situs-situs Google.

Dengan kata lain, g.co bukanlah penyingkat URL untuk pengguna umum, melainkan hanya digunakan oleh Google sendiri untuk mempersingkat URL situs layanannya, untuk memberikan perasaan aman untuk klik sebuah link berawalan g.co. Google menjelaskan bahwa bila seseorang menemukan atau melihat sebuah alamat dengan awalan domain g.co (misalnya http://g.co/blablabla), maka dipastikan alamat itu akan menuju ke salah satu situs produk Google, sehingga orang boleh yakin dan merasa aman bahwa link g.co itu bukan menuju ke situs selain situs Google.

g.o-screenshot.png

*

Info tambahan, bicara soal domain dot co ini, saya juga baru punya domain seru namanya seru.co (http://seru.co) yang bakal diisi buat seru-seruan :)

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


six − = 1

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>