Jul 202011
 

Internet sudah menjadi kebutuhan vital saat ini, dan hal itu juga dimanfaatkan para pembuat malware (malicious software) atau pun virus, dengan membuat program tertentu yang memanfaatkan koneksi internet untuk melakukan hal tidak biasa yang bisa merugikan pengguna komputer.

Menurut pengakuan Google, search engine Google pun beberapa kali menemukan adanya aktivitas yang tidak biasa seperti traffic aneh di search engine Google saat pengguna menggunakan layanannya itu. Google menemukan bahwa aktivitas yang tidak biasa ini ternyata disebabkan oleh adanya malware yang menjangkiti komputer penggunanya.

Menyiasati kondisi itu, Google baru saja merilis sebuah fitur unik pada layanannya yang bisa mendeteksi secara online adanya malware di komputer yang sedang digunakan oleh penggunanya.

google-deteksi-malware.png

Bila search engine Google menemukan adanya malware atau aktivitas aneh dari komputer pengguna, maka kini Google akan menampilkan notifikasi atau pemberitahuan bahwa komputer yang digunakan telah terinfeksi malware. Google pun memberikan tips bagi pengguna bagaimana cara melakukan pembersihan malware atau pun membasmi virus di sebuah halaman web di sini.

Pada intinya, Google menyarankan untuk install antivirus terbaru yang terpercaya dan menyarankan pengguna untuk selalu update antivirus yang digunakan, dan secara rutin melakukan full scan terhadap virus / malware di komputer. Dan juga untuk berhati-hati terhadap adanya antivirus palsu yang kini sudah banyak beredar di internet.

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


− 7 = one

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>