Aug 242011
 

Hari ini situs jejaring sosial Facebook baru saja meluncurkan banyak fitur baru. Sejak kemunculan Google Plus, rupanya Facebook berbenah mempersiapkan fitur, pengaturan, dan kemudahan bagi penggunanya terutama dalam hal privasi sharing konten, sebuah fitur yang menjadi andalan Google Plus terutama konsep Circle-nya.

Sebelumnya, banyak pengguna Facebook yang mengeluhkan konten yang muncul di wall mereka seperti pasar tumpah, seperti tidak terkontrol. Mislanya saja tag-tag foto, atau konten-konten yang sebenarnya tidak terlalu menarik buat mereka atau bahkan bisa jadi mengganggu.

Sehubungan dengan itu akhirnya Facebook meluncurkan fitur-fitur barunya seperti berikut ini.

*

Halaman Profile

Inline Profile Controls

  • Sebelumnya, untuk melakukan perubahan setting halaman Profile Facebook, seperti misalnya apa sajakah konten yang bisa dilihat oleh pengguna lain, setting tersebut harus diatur di halaman khusus setting yang terkesan rumit aka ribet. Kini dengan fitur Inline Profile Controls, pengguna bisa melakukan perubahan setting halaman Profile langsung dari tampilan halaman Profile tersebut. Pada setiap konten misalnya data tempat tinggal, album foto dll, akan terdapat ikon pengaturan yang tampil secara inline untuk mengatur apakah konten itu bisa dilihat oleh Public, Friends atau Custom.

Profile Tag Review

  • Sebelumnya, bila kita di-tag dalam sebuah foto, maka foto tersebut langsung muncul di wall kita. Kini kita bisa menentukan apakah akan menyetujui (approve) tag tersebut atau bisa menolaknya (reject), sebelum bisa muncul di halaman Profile kita.

facebook-pending-post

Content Tag Review

  • Sebelumnya, semua orang yang bisa melihat posting atau foto kita bakal bisa men-tag foto atau konten tersebut. Kini kita bisa memilih untuk menerima atau menolak tag yang dilakukan orang lain tersebut.

View Profile As…

  • Dengan fitur ini, kita bisa langsung memahami konten apa saja yang bakal terlihat di halaman Profile. Pengaturannya sekarang bisa langsung dilakukan di halaman Profile dengan meng-klik tombol View Profile As… sehingga akan menampilkan bagaimana halaman Profile kita akan terlihat oleh orang yang berbeda.

fitur-facebook-view-profile-as

*

Posting, Share, Update Status, Wall

Inline controls

  • Saat kita posting atau update status, kita bisa langsung menentukan siapa saja yang bisa melihat konten tersebut. Sebelumnya untuk melakukan pengaturan seperti ini harus dilakukan melalui halaman setting yang terkesan ribet.

facebook-setting-update-status-post

Perubahan Kosakata: “Everyone” jadi “Public”

  • Kalau sebelumnya saat pengaturan Facebook sharing biasanya kita melihat apakah konten itu untuk “Everyone” (semua orang), kini diganti menjadi “Public”. Sebenarnya intinya sama saja, sama-sama bisa dilihat oleh siapa saja. Jadi ini hanya perubahan kosakata.

Mengubah Pengaturan Posting setelah di-Publish

  • Sebelumnya bila kita sudah mempublish atau send atau share konten atau update status, kita tidak bisa lagi mengubah pengaturan siapa yang bisa melihat konten tersebut. Paling-paling kita harus menghapusnya lalu membuat post baru. Tapi kini kita bisa mengubah pengaturan sharing konten yang sudah dipublish.

Bisa Tag Orang Lain Walau Bukan Friend

  • Sebelumnya untuk kita hanya bisa men-tag orang lain yang sudah menjadi teman/friend, tapi kita bisa men-tag siapa saja, bukan hanya teman. Mungkin kita akan berpikir, bakal mengganggu dong kalau semua orang bisa men-tag orang lain walau bukan teman? Tenang saja, walau bisa men-tag semua orang, tag tersebut hanya bisa muncul di profile mereka bila mereka menyetujuinya (sesuai dengan fitur Content Tag Review di atas).

Tag Lokasi

  • Saat update status, upload foto atau posting di Wall, kita bisa menambahkan tag keterangan lokasi kita berada. Sebelumnya fitur ini hanya tersedia melalui cara “check in” di Facebook Places via ponsel, tapi kini bisa dilakukan dari mana saja.

Remove Tag atau Konten

  • Kini fitur untuk menghapus atau me-remove konten dan tag semakin mudah dan jelas sehingga diharapkan pengguna bisa menghapus atau pun mem-block konten yang memang tidak diinginkan.

*

Saat ini, fitur-fitur baru di Facebook ini tidak semua orang mendapatkannya, sementara hanya untuk beberapa orang saja. Namun tentunya tidak lama lagi fitur ini bakal bisa digunakan semua pengguna Facebook.

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


7 + = eight

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>