Sep 022011
 

Rasanya semua pengguna komputer pernah melihat wallpaper bernama Bliss yang satu ini, karena merupakan wallpaper default di OS Windows XP, yaitu sebuah wallpaper bergambar foto bukit berwarna hijau dengan langit biru serta awan di atasnya.

Karena foto bukit tersebut terlihat begitu sempurna, banyak orang menduga bahwa wallpaper itu merupakan hasil rekayasa digital dari sebuah foto. Kenyataannya, foto pada wallpaper itu adalah murni hasil jepretan kamera, tanpa ada proses retouch dengan aplikasi edit foto dan semacamnya.

bliss.jpg

Karya fotografi yang bisa dibilang sebagai foto paling terkenal di dunia ini dibuat oleh seorang fotografer asal Amerika bernama Charles O’Rear. Foto tersebut diambil di sebuah area di Sonoma County di California. Foto tersebut diambil pada tahun 1996, jauh sebelum OS Windows XP dirilis tahun 2001.

Saat ini, area tersebut dijadikan perkebunan anggur. Dan kondisinya sekarang bisa tergambar pada salah satu foto yang diambil pada area dan sudut pengambilan gambar yang sama berikut ini, yang dijepret 10 tahun kemudian. Foto dibawah ini sekarang terlihat gersang, sangat berbeda dengan hasil foto yang digunakan sebagai wallpaper default Windows XP yang terlihat segar dan cukup dramatis.

bliss-today.jpg

Peta lokasi area objek foto ini bisa di lihat di Google Maps di sini.

.

  • i

  7 Responses to “[FOTO] Asal Usul Bliss, Wallpaper Default Windows XP”

  1. .. wah baru tau saya …
    Thank’s infonya ya ……sekalian kunjungi http://www.abdisr.blogspot.com ….blogwalking πŸ˜₯

  2. wkwkkw…
    sya bru tau niih…
    gw pkir cma editing πŸ˜€

    kshian yahh jauh bda ma yg 10 thn kmudian…

  3. thank, kirain cuma imajinasi, ternyata ada yang nyata
    kunjungi juga http://lanakaryatna.blogspot.com

  4. lho, mana asal usulnya..?. asal banget. 8)

  5. oh gitu ya

  6. ada sejarahnya

  7. sip jadi tahu sejarahnya

 Leave a Reply

(required)

(required)


four − = 0

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>