Sep 172011
 

Hari ini kembali Google merilis aplikasi peramban terbarunya, browser Google Chrome 14 Final (stable). Di antara fitur baru yang dihadirkan pada browser terbaru ini Google menghadirkan sebuah teknologi baru yaitu Native Client (NaCl) yang mengaburkan batas antara aplikasi web (web app) dan aplikasi desktop (native app).

Browser Google Chrome Final

Dengan teknologi Native Client (NaCl) ini, Google Chrome bisa menjalankan kode aplikasi native yang berbahasa C+/C++ langsung di dalam browser. Teknologi ini berpotensi memberikan performa yang sifgnifikan terhadap aplikasi tersebut bila dibandingkan dengan aplikasi web biasa (yang menggunakan teknologi standar HTML, JavaScript, dan CSS murni semata).

Penggunaan teknologi ini akan lebih terasa pada aplikasi yang kompleks seperti misalnya 3D games yang dijalankan di browser. Sebagai gambaran, berikut ini contoh aplikasi game 3D yang mirip game Quake yang dijalankan di browser menggunakan teknologi NaCl ini.

Selain itu tentunya Google Chrome terbaru juga membawa beberapa fitur lain, perbaikan bug dan peningkatan performance secara keseluruhan.

Sebagai informasi, Google Chrome berbasis pada browser open-source Chromium. Perbedaan antara browser Chromium dan Google Chrome (selain sifatnya yang open-source) di antaranya adalah Chromium dianggap lebih menjaga privacy pengguna (better privacy protection) karena tidak berisi Google tracking.

*

Download Gratis Google Chrome / Chromium Terbaru

Google Chrome tersedia untuk OS Windows, Mac OS X, dan Linux, serta dapat diinstall untuk versi single user dan multi-user/enterprise (baca penjelasannya di artikel sebelumnya) dan juga versi portable untuk digunakan via USB flash disk.

  1. Single User (User Level)
  2. Enterprise / Multi-user (System Level)
    Download di http://www.google.com/chrome/eula.html?msi=true
    File: GoogleChromeStandaloneEnterprise.msi.
  3. Portable version
    Download di sini.

Untuk browser Chromium (Chrome versi open-source) bisa download di sini.

Semoga berguna.

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


+ 9 = sixteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Blog Indonesia
Blog Indonesia
tekno info intermezzo
X