Oct 132011
 

Setelah enam bulan berlalu, hari ini kembali Canonical merilis versi stabil terbaru sistem operasi lengkapnya yang semakin populer di dunia yaitu OS Ubuntu 11.10 Final (stable version) yang diberi nama (code name) “Oneiric Ocelot“.

Pada versi Ubuntu terbaru ini, tersedia berbagai pengembangan fitur, peningkatan performa dan juga berbagai fitur baru serta aplikasi default yang juga baru. Di antara pengembangan itu antara lain adalah semakin matangnya fitur desktop shell Unity, yaitu sebuah interface desktop yang intuitif dan optimal juga digunakan pada berbagai perangkat PC/komputer seperti desktop PC, laptop, netbook, termasuk untuk digunakan pada perangkat mobile seperti tablet PC dengan fitur touchscreennya.

Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

  • Unity menyajikan beberapa fitur seperti Dash (start menu semantik dengan tampilan transparan yang menyerupai interface tablet PC), Launcher bar berupa dock aplikasi, Indicator yang berfungsi mirip dengan system tray/notification area namun dengan antar muka berbeda dengan penggunaan yang memudahkan pengguna.
  • Selain itu, Ubuntu Software Center yang merupakan sebuah software untuk manajemen aplikasi (install/remove/update dll) juga didandani dan semakin diperbaiki dengan berbagai fitur seperti rating, review, dan juga antar muka yang semakin keren dan intuitif.
  • Setiap pengguna Ubuntu kini juga mendapatkan akun gratis Ubuntu One, yaitu layanan sinkronisasi dan file storage online, di mana setiap user mendapatkan secara gratis kapasitas penyimpanan file sebanyak 5 GB, tentunya cukup besar untuk digunakan sebagai hard disk online gratis dan sebagai layanan backup.
    Sebagai catatan, Ubuntu One kini tidak hanya bisa digunakan untuk sinkronisasi file di OS Ubuntu saja, namun bisa digunakan untuk OS Windows, iPhone (iOS) mau pun Android, jadi sinkronisasi ini sudah bersifat cross-platform.
  • Dari segi bagian dalamnya, kini Ubuntu juga menggunakan versi terbaru GNOME 3.2, yang merupakan environtment terbaru dengan berbagai fiturnya yang juga semakin intuitif digunakan pada perangkat komputer modern.
  • Aplikasi-aplikasi default yang disediakan kini mengalami perubahan di antaranya Mozilla Thunderbird sebagai aplikasi email, dan juga Libre Office sebagai aplikasi Office Suite lengkap.

ubuntu-11.10-oneiric-ocelot-01-desktop

ubuntu-11.10-oneiric-ocelot-02-ubuntu-software-center

ubuntu-11.10-oneiric-ocelot-03-ubuntu-one-indicator

ubuntu-11.10-oneiric-ocelot-04-app-switcher

Ubuntu Online Demo (Tour)

Untuk kamu yang belum pernah menggunakan OS Ubuntu ini, kini Ubuntu juga menyediakan sebuah halaman web khusus yang menyajikan online demo Ubuntu, sebagai sebuah tur online menjelajahi berbagai fitur yang ada di Ubuntu ini.

Silahkan langsung buka alamat berikut ini untuk mencobanya:

Ubuntu Tour (online demo)

*

Download Gratis OS Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

Silahkan langsung download dari situs resmi Ubuntu di sini atau di sini.

DOWNLOAD UBUNTU

Ubuntu juga bisa didownload dari berbagai server lokal repository Ubuntu di Indonesia, silahkan pilih saja lokasi yang terdekat pada daftar di bawah ini.

[ will be updated soon… :) ]

Semoga berguna.

.

  • i

 Leave a Reply

(required)

(required)


3 + five =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>