Dec 042011
 

Belakangan ini Google merombak tampilan berbagai situsnya mulai dari halaman depan Google (google.com), termasuk tampilan situs produk Google lainnya seperti Gmail, Blogger, Google Reader, dan lainnya.

Namun perubahan itu rupanya tidak hanya berhenti sampai di situ, karena saat ini sedang diujicoba sebuah tampilan baru Google di halaman depannya, yang cukup berbeda dari tampilan sebelumnya terutama menu navigasi situs produknya, yaitu tidak lagi berupa bar hitam atau putih di bagian atas, tapi berupa tampilan berupa menu drop-down atau bisa dikatakan mirip sebagai sebuah “start menu”.

Dengan begitu, tampilan depan halaman depan Google terlihat lebih bersih, tapi penggunanya tetap bisa dengan mudah mengakses berbagai situs layanan Google lainnya dengan cara menempatkan kursor mouse untuk membuka menu yang ada di sebelah kiri.

tampilan-baru-google-03b.png

Cara Menampilkan Menu Navigasi Google

Tampilan baru tersebut saat ini secara default belum tersedia secara umum atau belum bisa diakses oleh publik. Namun bila penasaran, kita bisa mencobanya dengan melakukan sedikit trik sederhana pada tutorial panduan berikut ini.

  1. Buka halaman depan Google international di alamat http://www.google.com
    Untuk saat ini tampilan baru itu hanya bisa coba di alamat Google international/global (google.com), jadi tidak bisa tampilkan di domain seperti google.co.id (Google Indonesia). Bila kamu sudah membuka alamat google.com tapi Google tetap mengubahnya menjadi google.co.id, coba buka alamat http://www.google.com/ncr agar Google tidak mengarahkan ke google.co.id itu.
    .
  2. Untuk browser Mozilla Firefox, buka menu Web Console atau tekan tombol keyboard Ctrl+Shift+K (atau klik tombol menu Firefox => Web Developer => Web Console). Untuk browser Google Chrome buka JavaScript console (Ctrl+Shift+J). Untuk IE buka Developer Tools (F12 => console tab).
    tampilan-baru-google-01.png
    .
  3. Copy kode berikut ini lalu paste di tampilan Web Console, lalu tekan Enter:
    document.cookie="PREF=ID=03fd476a699d6487:U=88e8716486ff1e5d:FF=0:LD=en:CR=2:TM=1322688084:LM=1322688085:S=McEsyvcXKMiVfGds; path=/; domain=.google.com";window.location.reload();

    tampilan-baru-google-02.png
    .

Seharusnya sekarang tampilan halaman depan Google sudah berubah seperti ini:

tampilan-baru-google-03a.png

tampilan-baru-google-03b.png

Setelah tampilan baru itu terlihat, silahkan tutup Web Console itu.

*

Mengembalikan Google ke Tampilan Semula

Untuk mengembalikan ke tampilan semula, silahkan buka lagi Web Console seperti tahap 2 di atas, lalu copy-paste kode berikut ini:

document.cookie="PREF=ID=:U=88e8716486ff1e5d:FF=0:LD=en:CR=2:TM=1322688084:LM=1322688085:S=McEsyvcXKMiVfGds; path=/; domain=.google.com";window.location.reload();

 

Bagaimana menurutmu tampilan baru Google itu?

.

  • i

  4 Responses to “[TRIK] Cara Memunculkan Tampilan Baru Google “Start Menu””

  1. kata siapa di google Indonesia ga bisa???
    caranya mau tau.. mau tauu.. mau tauuu.. :-P
    copy kode yg di web console rubah aja.. domain=.google.com” jadi domain=.google.co.id” 8)
    gitu aja kok repot :wink:

  2. gan itu di google chrome juga bisa kok . .

    teken ctrl+shift+i

    trus tinggal di copas javascript yg tadi. . 8) 8) 8)

    selamat mencoba :-D :-D :-D :-D :-D

  3. wahh, keren yaa ;)
    di coba yaaa :wink:

 Leave a Reply

(required)

(required)


one + 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Blog Indonesia
Blog Indonesia
tekno info intermezzo
X