Mar 012012
 

Setelah sebelumnya dirilis Windows 8 Developer Preview yang lebih diutamakan untuk para developer aplikasi Windows, kini Microsoft kembali menghadirkan OS Windows terbaru yaitu Windows 8 Consumer Preview, versi OS Windows yang diperuntukkan sebagai ujicoba semua kalangan pengguna (consumer) pada umumnya, sebelum nantinya akan dirilis Windows 8 versi final (OEM/Retail).

Seperti yang telah dipaparkan di artikel sebelumnya, Windows 8 yang merupakan generasi terbaru sistem operasi Microsoft ini akan benar-benar beda dari segi user interface/antar muka dibandingkan dengan tampilan dan cara penggunaan Windows versi sebelumnya (Windows 7/Vista/XP).

Sebelum membahas hal-hal baru lain di Windows 8, satu hal yang pasti adalah kini Windows sudah punya logo baru, dan sama sekali berbeda. Logo resmi Windows 8 terlihat sangat simpel, ceritanya sih ingin menghilangkan kesan “bendera” atau “flag” yang selama ini menjadi logo Windows, dan mengembalikan ke khittahnya semula yaitu: logo Windows seharusnya adalah window (jendela), bukan flag (bendera). Dan logo baru Windows ini juga sangat dipengaruhi oleh gaya simpel ala Metro UI, seperti yang diungkapkan team Windows di blog resminya di sini.

Seperti inilah dia logo resmi Windows 8 yang baru (new official logo):

New Windows logo (official)
New Windows logo (official)

Perbedaan tampilan dan user interface Windows 8 terinspirasi dari makin maraknya penggunaan perangkat mobile seperti gadget smart phone dan tablet PC, dengan antar muka yang cenderung memaksimalkan touch screen sebagai input utama. Lebih spesifik lagi, Windows 8 merupakan pengembangan lanjutan dari tampilan Windows Phone 7 Mango yang dikenal dengan nama Metro UI, yang mewujudkan sebuah sistem operasi “satu OS untuk semua”, maksudnya satu jenis OS bisa diinstall dan digunakan pada berbagai perangkat baik perangkat mobile maupun desktop PC/laptop/netbook.

direct-download-windows-8-consumer-preview.jpg

Seperti pada antar muka tablet PC, secara default ketika kita mulai start masuk ke antar muka Windows, maka kita akan disuguhkan pada sebuah “home screen” seperti yang biasa terdapat di smart phone atau tablet PC. Pada home screen ini kita dapati tampilan kotak-kotak yang merupakan shortcut ke berbagai fitur dan aplikasi di Windows 8.

Selain tampilan, Windows 8 tentunya juga menghadirkan berbagi fitur baru seperti fitur cloud yang mengintegrasikan hard disk di PC atau SD card mobile dengan layanan file storage gratis kepunyaan Microsoft yaitu Windows Live. Selain itu juga fitur baru di Windows Explorer, browser terbaru Internet Explorer 10, kehadiran Windows Store (seperti Android Market dan iOS Apple App Store), dan fitur-fitur baru yang keren lainnya.

windows-8-desktop-consumer-preview.jpg

Untuk kamu yang penasaran untuk mencoba OS Windows 8 terbaru ini, silahkan download, mumpung full original dan gratis langsung dari Microsoft. Tapi sebelumnya harap lihat dulu persyaratan minimum hardware Windows 8 (minimum requirements). Kalau OK, silahkan download dan coba langsung.

System Requirements untuk Windows 8

Secara umum, Windows 8 Consumer Preview bisa berjalan dengan sempurna pada hardware yang sama untuk OS Windows 7, yaitu:

  • Processor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat
  • RAM: 1 gigabyte (GB) (untuk CPU 32-bit) atau 2 GB (64-bit)
  • Ruang hard disk: 16 GB (32-bit) atau 20 GB (64-bit)
  • Graphics card: Device yang komptible dengan Microsoft DirectX 9 atau setelahnya
  • Layar monitor 1024 x 768

Tambahan:

  • Untuk menggunakan antar muka touch, dibutuhkan tablet atau monitor yang support multitouch
  • Untuk akses, download dan menjalankan aplikasi dari Windows Store dibutuhkan koneksi internet

*

Direct Download OS Windows 8 Consumer Preview

File ISO image versi English

  • 32-bit (x86), ukuran file ISO 2.5 GB, download di sini (direct link).
  • 64-bit (x64), ukuran file ISO 3.3 GB, download di sini (direct link).

Product Key (untuk aktivasi Windows 8): DNJXJ-7XBW8-2378T-X22TX-BKG7J

Untuk list download selengkapnya silahkan lihat di sini.

*

Setelah download file ISO Windows 8 tersebut, silahkan bakar ke DVD menggunakan aplikasi software pembakar CD/DVD, atau ke USB Flash disk, bisa menggunakan tool dari Microsoft (Windows8-ConsumerPreview-setup.exe) silahkan download di sini.

Semoga berguna.

Image credits: Life Hacker, Engadget

.

  • i

  7 Responses to “[DOWNLOAD] OS Windows 8 Free Terbaru Gratis (Consumer Preview)”

  1. thankss atas postingannya………….
    8) :-P :lol: :) :wink: :-| :-D :idea: :-o :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  2. kan qu coba Gan………. :)

  3. wow, jadi gak sabar nunggu versi windows 8 yang udah fix
    tq banget infonya gan :wink: :wink:

  4. itu gratis?

  5. :wink:

  6. ありがとう

  7. THANK,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, :twisted: 8-O :roll: :oops: :-o :lol: :idea: :-D :evil: :cry: 8) :arrow: :arrow: :?: :?: :!:

 Leave a Reply

(required)

(required)


− two = 5

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Blog Indonesia
Blog Indonesia
tekno info intermezzo
X